Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPS

Wisnu Dwi Saputra, Sowiyah Sowiyah, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract


This research was motivated by the low learning outcomes of students of grade V of SD Negeri 1 Gondangrejo. This study aimed to determine the effect of Contextual Approaches on IPS Student Learning Results Grade V of SD Negeri 1 Gondangrejo. The method in this research was quasi experimental design, with the type of research used is experimental research with non-equivalent group design experimental design. Data collection was done by using pretest and posttest problem, which then analyzed by used quantitative data analysis. The hypothesis test using SPSS 20 statistical program. From these calculations it obtained that the contextual approach can affect student learning outcomes.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Gondangrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 1 Gondangrejo. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental design, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan eksperimen non-equivalent group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pretest dan posttest, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Uji hipotesis menggunakan program statistik SPSS 20. Dari perhitungan tersebut dapat diperoleh bahwa pendekatan kontekstual dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Kata kunci:hasil belajar, IPS, pendekatan kontekstual.

References


Darma, Susila. 2013. Pengaruh Pen-dekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa di SMP 2 Singaraja.http://-jurnal.untan.ac.id/index.php-/jpdp/article/view/8146. Di-akses pada 5 Maret 2017.

Depdiknas. 2008. Standar Isi Kuri-kulum KTSP 2006. Jakarta.

Kasmadi & Sunariah, Nia Siti. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alfabeta.

Khidijah, Siti. 2014. Pengaruh Pen-dekatan Pembelajaran Kon-tekstual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Tawakal Denpasar. http:/-/www.ejurnal.com/2015/06/pengaruh-metode konteks-tual-terhadap_7.html. Diak-ses pada 8 Maret 2017.

Komalasari. Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung. Refika Aditama.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Prenada Media Group.

Sapriya, dkk,. 2006. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung. UPI Press.

Saputra, Wina . 2007. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung. UPI Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

_________. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta. Pustaka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.