Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS terhadap Hasil Belajar IPS

Mia Merlyana, Supriyadi Supriyadi, Nelly Astuti

Abstract


The purpose of this research was to know the influence of cooperative learning think pair share type towards social study result V grade student of SDN 33 Negeri Katon. The type of this research was experimental research. The data collection technique was done by test technique. The tool of data collection was essay test that has tested and analyzed by validity and reliability test. The analyze technique of this research was quantitative analyze technique. The result of hypotheses test showed that there was significance influence of cooperative learning think pair share type towards social study result. The result of Independent Sample t-test was found that Sig (2-tailed) was less than signification taraf so that Ho was rejected and Ha was accepted.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 33 Negeri Katon. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa teknik analisis data kuantitatif. Hasil perhitungan uji hipotesis menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar IPS siswa. Hasil perhitungan uji Independent Sample t-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) kurang dari taraf signifikansi sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

 

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, hasil belajar, IPS.


References


Arends, Richard I. 2013. Belajar untuk Mengajar. Jakarta: Salemba Humanika.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: AR-RUZZ Media.

Firmato, Dedi. 2014. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Rukti Harjo. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Gunawan, Muhamad Ali. 2013. Statistik Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Kusuma, Angga Fitra. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN 8 Metro Utara 2015/2016. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Muhammad. 2015. Kualitas Pendidikan Indonesia di Mata Dunia. Diakses melalui URL: www.taralite.com/artikel/post/kualitas-pendidikan-indonesia-di-mata-dunia. Diakses pada hari Rabu, 8 Februari 2017, pukul 12:38 WIB.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

___________. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.