Pengembangan Model Asesmen Kinerja Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Terpadu Berbasis Literasi Sains

Jumiati Jumiati, Rochmiyati Rochmiyati, Een Yayah Haenilah

Abstract

This study aim was to develop a valid and reliable student assessment instrument performance. The method used research and development that refers to the theory of Borg and Gall. The population of this study is Primary School in Pringsewu Regency which has applied Curriculum 2013, amounting to 21 schools, research sample is 1 School selected randomly. Data collection tools used are interview guides, questionnaires, observation sheets and documents. Data analysis used in this research were descriptive qualitative data analysis and quantitative descriptive. The results of this study indicate valid and reliable assessment instruments, validity test results rtcount ? rtable and reliability test results got 0.862, have very high reliability criteria. This performance assessment meets teachers' needs to assess student performance.

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrument asesmen kinerja siswa yang valid dan reliabel. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada teori Borg and Gall. Populasi penelitian ini adalah Sekolah Dasar di Kabupaten Pringsewu yang sudah menerapkan Kurikulum 2013, berjumlah 21 sekolah, sampel penelitian adalah 1 Sekolah yang dipilih secara random. Alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, lembar observasi dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan instrumen asesmen yang valid dan reliabel, hasil uji validitas rhitung ? rtabel dan hasil uji reliabilitas mendapat 0.862, mempunyai kriteria reliabilitas sangat tinggi. Asesmen kinerja ini memenuhi kebutuhan guru untuk menilai kinerja siswa.

Kata Kunci: Asesmen Kinerja, Literasi Sains, Pembelajaran Terpadu

Full Text:

PDF

References

Akbar, Sakdun, 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran, Bandung. PT Remaja Rosda Karya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evluasi Pendidikan. Edisi kedua. Jakarta. Bumi Aksara

Borg, W. R. & Gall, M. D. 1983. Educational Research: an Introduction (4thed). New York & London. Longman Inc.

Fatonah, Siti. 2013. Developing an Authentic Assessment Model in Elementari School Science Teaching. Journal of Education and Practice. Vol. 4 No. 13 (2013)

Hilman, Irfan. 2015. Mungkinkah Membangun Literasi Sains di SD/MI dengan Kompetensi Guru di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar UPI. Vol 2 Hal. 41

Indiana, Dudi. 2010. Pengembangan Perangkat Penilaian Kinerja Siswa Pada Pembelajaran Kimia Kompetensi Dasar Asam Basa.( Tesis pada Sekolah Menengah Atas Negeri I Kedondong Tahun Pelajaran 2009-2010). Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Iswari, Kurnia. 2015. Komik Sebgai Upaya Menanamkan Budaya Literasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar UPI. Vol 2 Hal.62

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilain Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Krikulum 2013). Jakarta. Raja Grafindo Persada

Maryanti, Endah Febriana. 2015. Instrumen Penilaian Otentik PETASAN GALAU pada Mata Pelajaran Kewira Usahaan. Jurnal Study Sosial UNILA. Vol.2 No. 4 Hal 24

Permendikbud No.66 Tahun 2013: Standar Penilaian Pendidikan

Ratnami, Made V. 2016. Assesmen kinerja dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Banyuning Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Penidikan Ganesha.

Stiggin, R.J.1994. Student-Centered Classroom Assessment. New York. Mac Millan College Publishing Company.

Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta. Graha Ilmu

Subroto, Tisno Hadi dan Herawati, Ida Siti. 2007. Pembelajaran Terpadu, Jakarata. Univrsitas Terbuka.

Sukmadinata, S. N. 2012. Metode penelitian pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Syaodih, Ernawulan. 2015. Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Supportive Climate. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar SPS Universitas Pendidikan Indonesia, Volume 2. Hal. 515

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, strategi, dan Implimentasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta. Bumi Aksara

Refbacks

  • There are currently no refbacks.