Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V
Abstract
The problems in this research is the lack of discipline of learning and the low learning outcomes of students' IPS. The purpose of this study is to determine the relationship between learning discipline with IPS learning outcomes. The type of research used is correlational research with quantitative methods. The population in this research amounted to 600 students, while the sample used as many as 196 students. Data collection techniques used are documentation and questionnaire. The data analsys technique uses serial correlation with the result indicate that, there is positive and significant between learning discipline with IPS learning achievement.
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya disiplin belajar dan rendahnya prestasi belajar IPS siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah sebanyak 600 siswa, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 196 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuisioner/angket. Teknik analsis data menggunakan korelasi serial dengan hasil penelitian yang menunjukan bahwa, ada hubungan yang positif, dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS.
Kata kunci: disiplin belajar, prestasi belajar, IPS.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarata: PT Rineka Cipta.
Ihsan, Fuad. 2008. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Kurniawan, Fajar Budhi. 2016. Mengkaji hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV SD se-Gugus Banyuraden Gamping Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.
Moenir, A.S. 2010. Menejemen Pelajaran Umum di Indonesia. Bandung: Bumi Aksara.
Rahman, Masykur Alif. 2011. Kesalahan-kesalahan Fatal Paling Sering Dilakukan Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.