Pengembangan LKS Model Inkuiri Terbimbing Pelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya

Rohmadi Rohmadi, Chandra Ertikanto, Suwarjo Suwarjo

Abstract

The purpose of this research is (1) analyze the potential for developing student work sheet; (2) describe the attractiveness, easiness, and expediency of developing student work sheet. The research used research and development approach with step including research and collect information, planning, preliminary product development, preliminary trial, revise first product, first trial, and revise operational product. The collected data uses test and questionnaire. The research data was analyzed as descriptive and T-Test. The result of the research show that 1) the student work sheet is effective to be used as the guide of IPA student work sheet in material the characteristic of light by seeing the improving the result of student learning, with gain average 0,58, 2) the student work sheet is efficiency to be used by looking at the less time that was used in this learning than the time that was needed with the efficiency value 1,4, and 3) the student work sheet is interesting to be used by looking at the result of interesting test the student work sheet with percentages average 81%.

Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis potensi untuk pengembangan LKS dan (2) mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan pengembangan LKS. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan dengan tahapan meliputi penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk pendahuluan, uji coba pendahuluan, revisi terhadap produk utama, uji coba utama, revisi produk operasional. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) LKS efektif digunakan sebagai panduan LKS IPA materi sifat-sifat cahaya dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa, dengan rata-rata gain 0,58. 2) LKS efisien digunakan dilihat dari lebih sedikit waktu yang digunakan dalam pembelajaran jika dibandingkan dengan waktu yang diperlukan, dengan nilai efisiensi 1,4 dan 3) LKS menarik digunakan dilihat dari hasil uji kemenarikan LKS dengan rata-rata persentase 81%.

Kata kunci: IPA, LKS, model inkuiri.


Full Text:

PDF

References

Agustiningsih. 2010. Pengambangan Perangkat Pembelajaran Mulimetode IPA SD Kelas V Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Volume 1. No.1 Hal 120-130.

Artana I Made Ari, Dantes Nyoman, Lasmawan I Wayan, 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Gugus VI Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2014/2015. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. Volume 5. No 1. Hal 1-12.

Borg, W dan Gall, M. 1983. Educational Research: An Introduction (4th ed.). New York & London: Longman.

BSNP. 2007. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas III. Depdiknas. Jakarta.

Depdiknas Ditjen Manajemen Dikdasmen Ditjen Pembinaan TK dan SD, 2007: 13-14 Kurikulum Mata pelajaran IPA SD/MI (online). http://IPA.blogspot.com. Diakses tanggal 14 Maret 2016 jam 20.15.

Dewi, Narni L., N. Dantes., & I. W. Sadia. 2013. Pengaruh Model Pem-belajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA. Jurnale-Journal Program Pasca-sarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 3, No 1. Hal 1-10.

Lee, C.D. 2014. Worksheet Usage, Reading Achievement, Cllasses Lack Of Readinnes, And Science Achievement: A Cross-Country Comparison. International Journal of Education in Mathematics, Science and Tecnology. Volume 2. No.2 Hal 97-105.

Majid Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Maria, Budi Koestoro, Sugeng Sutiarso. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Belajar Mandiri Kelas V di SD Negeri Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu. http://www.e-jurnal.com/2016/05/pengembangan-lembar-kerja-siswa.html. diakses 3 Juni 2017)

Mariamah & Nanang Diana. 2015. Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Teori Bilangan Pada Mahasiswa Semester III Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Taman Siswa Bimatahun Akademik 2014/2015. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol. 5. No. 2. Hal 1-12.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Banjarmasin.

Permendiknas. 2006. No 22 Tentang Standar Isi. Kemendiknas. Jakarta.

Rahayu P, S. Mulyani, S.S. Miswadi. 2012. Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Volume 1. No. 1. Hal 64-65.

Rozie Fachrur. 2013. Pengembangan Media Video Pembelajaran Daur Air untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sains, Vol 1, No. 4. Hal 413-424.

Sabmei Sukamsyah, 2011. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dengan Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Tipe A Pada Konsep Kalor Siswa Kelas VII SMP N 5 Seluma. Jurnal Exacta, Volume 9. No. 1. Hal 39.

Sanjaya Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Grup. Jakarta.

Suhariyanto, Caswita, Lilik Sabdaningtyas. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas VII SMPN 4 Tulang Bawang Tengah.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran terpadu. Bumi Aksara. Jakarta.

Tman, Ufuk.,dkk. 2013. Extended Worksheet Developed According to 5E Model Based on Constructivist Learning Aproach. International Journal on New Trends in Education and Their Implication. Volume 4. No. 4. Hal 173-183.

Tursinawati. 2013. Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pionir, Volume 1, No. 1. Hal 67-68.

Wahyuningsih Fitri, Sulistyo Saputro, dan Sri Mulyani. 2014. Model Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Hidrolis Garam Untuk SMA/MA. Jurnal Paedagogia. Volume 17 No.1 Hal 94-103.

Yildirim, N., Kurt, S. & Ayas, A. 2011. The Effect of The Worksheet on Students Achievement in Chemical Equilibrium. Journal of Turkish Science Education. Vol. 8 No. 3 Hal 44-58.

Zawadzki,R. 2010. Asian Journal On Education and Learning. Is Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Suitble As A Teaching Method in Thailands Higher Education? No.1(2) 66 -74.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.