Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar IPS

Eka Nopiana, Siswatoro Siswantoro, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract

The purpose of this research is to find out positive influence and significant influence of the project based learning model towards social study result. The method of this research is experiment. The research design used non equivalent control group design. The population in this research is all students of class IV SDN 1 Harapan Rejo. Sample in this research is student of class IVA amounted to 23 student as experiment class and student of class IVB amounted to 21 student as control class. Technique of the data collection was done by using technique test. Data analysis technique was using Program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). The result of the hypotheses testing was using SPSS. It obtained sig-2 tailed 0,002 < 0,05 so Ho is rejected. This shows that there is an influence project based learning model towards social study result of IV grade student of SDN 1 Harapan Rejo.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPS. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Harapan Rejo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan progran Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil pengujian hipotesis menggunakan SPSS diperoleh sig-2 tailed 0,002 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Hal ini memenunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Harapan Rejo.

Kata kunci: pembelajaran proyek, hasil belajar, IPS.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Andana, I Made Edi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Tegallalang. Skripsi Diterbitkan. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kemendikbud. 2013. Diklat Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013: Jakarta. Kemendikbud. [Modul].

Masitoh. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.

Ngalimun. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Poerwanti, Endang. 2008. Assesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Rahmawati, Dini. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Skripsi Diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sapriya, 2009. Pendidikan IPS (Konsep dan Pembelajaran). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.

Tim Penyusun. 2009. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sinar Grafika.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.