PENGGUNAAN LISTENING TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS
Abstract
The purpose of this research was to increase the activity and students achievement of social studies in V grade of SD Negeri 3 Metro Barat by using listening team. Type of this research was Classroom Action Research (CAR) conducted in 2 cycles. Each cycles were planning, acting, observing, and reflecting. Data were obtained through non-test and test techniques by using the observation sheet and questions test. Data were analyzed by using qualitative analysis and quantitative analysis. The result of this research showed that the implementation of listening team in social studies learning will increase students activities and students learning result.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Metro Barat dengan menggunakan listening team. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan listening team pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: listening team, aktivitas, hasil belajar, IPS.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk SD, SLB, TK. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
BNSP Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BNSP Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamdani, M.A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PUSTAKA SETIA.
Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Kasmadi dan Nia Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sd. Jakarta: Kencana Predana Media Group
Refbacks
- There are currently no refbacks.