PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Widya Octa Ryanti, Ahmad Sudirman, Rapani Rapani

Abstract


This study was conducted to improve students learning activity and result by using TTW. The method that used in this research was classroom action research, it was conducted in two cycles and each cycle consisted of: 1) planning, 2) acting, 3) observation, and 4) reflection. The data were collected by non test and test technique. Data collecting technique in this study were using observation sheet and instrument test. The researcher used qualitative and quantitative technique in analiysing the data. The result of study showed that the aplication of TTW can improve students result and activity in learning. The average score for cycle I showed Good chategory and for cycle II got Better. The average score for cycle I showed Good chategory and for cycle II got Better chategory. The percentage of students result in cycle I was 50% and cycle II was 86%, it increased 36%.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran TTW. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan instrumen tes. Teknik analisis data mengunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran TTW dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I menunjukkan kategori Baik dan siklus II memperoleh kategori Amat baik. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I menunjukan kategori Baik dan siklus II memperoleh kategori Amat baik. Persentase ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 50% dan siklus II mencapai 86%, meningkat sebesar 36%.

Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, TTW.


References


Hamdayana, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kunandar. 2010. Langkah-langkah PTK Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajawali.

Sudjana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Tasrif. 2008. Pengantar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: PT. Genta Press.

Wardhani. 2007. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Angkasa.

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2005. Jakarta: Depdiknas.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.23960/pedagogi.v4i2.10912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.