PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL IKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SD

Sri Maryati, Sowiyah Sowiyah, Darsono Darsono

Abstract

The purpose of this classroom action research to increase the learning achievement of natural sciences by the application of scientific approach with inquiry model. This classroom action research implemented in two cycles that consists of plan, action, observation, and reflection. Data were collected using observation and test, then analyzed using qualitative and quantitatives technique. The research outcome shows that the application of scientific approach with inquiry model could raise study result of natural sciences.

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan model inkuiri. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Kata kunci: hasil belajar, IPA, model inkuiri, pendekatan saintifik

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalan KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.