Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Peserta Didik

Elza Indah Saputri, Lilik Sabdaningtyas, Loliyana Loliyana

Abstract

The purpose of this study was to determine the relationship between peer interactions and students' learning motivation. The research was a correlated quantitative research. The population in this study was fifth Grade of Nusa Indah cluster elementary school students, Natar, South Lampung, with 212 students. The samples were 91 students. Data collection techniques used were questionnaires and interviews while the data analysis technique used was the product moment correlation formula. The result showed that there was a relationship between peer interactions and students' learning of fifth grader at Nusa Indah Cluster, Natar, Lampung Selatan academic year 2018/2019.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar peserta didik. jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Gugus Nusa Indah Kecamatan  Natar Lampung Selatan yang berjumlah 212 peserta didik. sampel dalam penelitian ini adalah 91 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara interaksi teman sebaya deengan motivasi belajar peserta didik kelas V Gugus Nusa Indah Kecamatan  Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2018/2019.

Kata kunci: interaksi teman sebaya, motivasi belajar.

References

Ahady, N. R. (2014). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas VII di SMP Islam Almaarif 01 Singosari. Jurnal Pendidikan.

Fadli, M. D. (2018). Hubungan Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas IX Di UPTD SMP Negeri 2 Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Pedagogia. 2 : 2-7.

Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Isti’adah, F. N. (2017). Peranan Kelompok Teman Sebaya di Sekolah dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Psikopedagogia. 6 :8-13.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan. 1: 1: 24-43.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. 5: 2: 216-232.

Rahmawati. (2016). Hubungan Interaksi Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Dinoyo 01 Malang. Jurnal Pedagogi.

Saguni, F. & Sagir M. A. (2014). Hubungan Penyesuaian Diri, Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Self Regulation Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Akselerasi SMP Negeri 1 Palu. Jurnal Penelitian Ilmiah. 2: 198-223.

Santosa, Dwi Tri. 2016.Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Peserta Didik dan Solusi Penanganan pada Siswa Kelas IX. ¬Jurnal Pendidikan. 2: 14-21.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisi di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yunita, F. F. (2019). Hubungan Intraksi Teman Sebaya Dengan Minat Belajar Siswa. Jurnal Neo Konseling 1 : 1-6.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.