PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK

Nurul Chintya Chardi Subing, Supriyadi Supriyadi, Fitria Akhyar

Abstract

The problem in this study was the low student learning outcomes. This study aims to determine differences in learning outcomes after the application of the AIR learning model (Auditory Intellectually Repetition) and to determine the effect of the AIR learning model on student learning outcomes. This type of research is quantitative research. The method used was a quasi-experimental study design with a non equivalent control group design. The instruments in this study were tests and non-tests. Data were analyzed using t test and simple linear regression. The results of the study showed that there are differences in learning outcomes using the AIR model with conventional learning models that use lecture and question and answer methods on students and there is an influence of the AIR learning model on students' thematic learning outcomes.


Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sesudah diterapkannya model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran AIR terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasi eksprimental dengan desain penelitian non equivalent control group design. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan non-tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar menggunakan model AIR dengan model pembelajaran konvensional yang menggunakan metode ceramah dan tanya jawab pada peserta didik dan ada pengaruh model pembelajaran AIR terhadap hasil belajar tematik peserta didik.
 
Kata kunci: Auditory Intellectually Repetition, Hasil Belajar, Tematik

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpd.v8i1.20231

References

Arikunto. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010). Jakarta: PT Renika Cipta.

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Lutfianasari, Desy. 2017. Pengaruh model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Semen Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika 12.1.01.05.0136. [Online]. Tersedia: simki.unpkediri.ac.id. Diakses pada 22 Oktober 2018

Humaira, Herlina. 2012. Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII Siswa MTsN 2 Bukit Tinggi. Tersedia:http://herlinahumaira.bl ogspot.com/proposalpenelitianhe rlinahumaira.html. Diakses: 03 Desember 2018

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ni Made Asih dan Desak Putu Eka Nilakusmawati. 2017. Effectiveness Application Of Auditory Intellectually Repetition (Air) Learning Model To Improve Student’s Learning Outcomes On Subject Two-Dimensional And Three-Dimensional Shapes International Journal of Advance Research (IJAR). Tersedia: https://www.journalijar.com/artic le/16891/effectivenessapplication-of-auditoryintellectually-repetition-(air)learning-model-to-improvestudent/?s-learning-outcomes-onsubject-two-dimensional-andthree-dimensional-shapes. Diakses: 22 April 2019

Oktivia, Windy. 2013. Model Pembelajaran AIR. Tersedia: http://windyoktivia.blogspot.com /model-pembelajaran-air.html. Diakses: 28 November 2018.

Pringwidagda. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Jakarta: Adicita Karya Nusa.

Rosidah, I., Kurniawati & Yunansah, H. (2016). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model AIR (Auditory Intellectually Repetition) Pada Konsep Gaya. Journal of Biology Education Vol. 6 No.2, hal 128136.Tersedia:https://docplayer.inf o/ 49114964-Repetition-padakonsep-gaya.html. Diakses: 25 Desember 2018

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.