Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Pendidik
Abstract
Masalah penelitian ini yaitu menyangkut kinerja pendidik yang masih dalam kategori relatif rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi berprestasi terhadap kinerja pendidik Sekolah Dasar Gugus 1. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 pendidik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 dari 100 orang pendidik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan skala likert 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap kinerja pendidik sebesar 78,2%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap kinerja pendidik sebesar 42,7%; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kinerja pendidik sebesar 79,3%.
Kata kunci: Kinerja; kompetensi pedagogik; motivasi berprestasi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hakim, Adnan. 2015. Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal of Engineering And Science (IJES). 4: 2 237-292.
Mart Cagri Tugrul, 2013. A Passionate Teacher: Teacher Commitment and Dedication to Student Learning. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development. 2:1327-484.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Pendidik.
Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Pendidik-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.