Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kelompok Terhadap Pembentukan Sikap Sosial
Abstract
The problem of this research is that the social attitude of the majority of elementary school students in class II is not as expected. The purpose of this study was to determine the effect of using group learning models on the formation of social attitudes. This research is an eksperimant approach. The research subjects were class II students of SD Negeri 3 Kemiling Permai, totaling 26 respondents. The sampling technique is to use a purposive sampling technique using the observation method, while the data analysis is done by using a simple linear regression formula. The results show that there is influence of the use of group learning models on the formation of social attitudes, this shows that the use of group learning models can help establish social attitudes as participants which was carried out intensively.
Masalah penelitian ini adalah sikap sosial mayoritas peserta didik kelas II Sekolah Dasar belum seperti yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kelompok terhadap pembentukan sikap sosial. Penenlitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas II SD Negeri 3 Kemiling Permai yang berjumlah 26 responden. Teknik pengambilan sempel ini adalah menggunakan teknik purposive sampling dilakukan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kelompok terhadap pembentukan sikap sosial, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kelompok dapat membantuk pembentukan sikap sosial pada pesertadidik, sebagai perilaku yang di laksanakan secara intensif.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kelompok, Pembentukan Sikap Sosial
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abu Ahmadi. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwi,Utami. 2011. Penanaman Sikap Sosial Siswa Melalui Pembelajaran IPS siswa SD kelas 5. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta. 4: 58-70
Fika, Aprilia. 2015. Strategi Guru Dalam Membentuk Sikap Sosial Siswa Kelas I di MIN Malang I. Jurnal Universitas Negeri Malang. 4: 49-60.
Ibrahim Dalam Trianto. 2009. Model- Model Pembelajaran Inovatif – Prograsif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hamalik. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Ngalim, Purwanto. 2014. Prinsip – Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Nur,Dwi Lestari . 2015. Identifikasi Sikap Sosial Siswa Kelas V SD. Universitas Pendidikan Ganesha. 4: 60-68
Siska Difki Rufaida. 2017. Pengembangan Sikap Sosial Siswa Menggunakan Pendekatan Pakem Pada Pembelajaran IPS Kelas V B SD Negeri Mangiran, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 4: 56-59
Sugiyanto.2013. Meningkatkan Sikap Sosial melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran IPS peserta didik kelas V SD Mangunan. Universitas Negeri Yogyakarta. 4: 66-72
Sugiyono. 2013. Model Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif kuantitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.