Pengaruh Model Pembelajaran ICARE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif

Rinta Gustin Hapsari, Riswandi Riswandi, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

The problem in this study is the low ability of students to think creatively. This study aims to determine the positive and significant influence on the ICARE learning model on the ability to think creatively. This type of research is experimental research, by applying the ICARE learning model, to determine the ability of creative thinking and student activities. The results showed an increase in creative thinking skills by 18.5%, and an increase in learning activities using the ICARE model by 31%. Hypothesis test calculations using the sample t-test formula obtained data t count> t table or 2.82> 2.024 (with α = 0.05), meaning that there is a positive and significant influence on the ICARE learning model on the creative thinking ability of students in class V SD Negeri 2 Raman Endra.


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, dengan menerapkan model pembelajaran ICARE, untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif dan aktivitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kreatif sebesar 18,5 %, dan  peningkatan aktivitas pembelajaran menggunakan model ICARE sebesar 31%. Perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus t-test sampel diperoleh data thitung> ttabelatau 2,82>2,024 (dengan α = 0,05), artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V SD Negeri 2 Raman Endra.
 
Kata kunci: Model Pembelajaran, Berpikir Kreatif, Pembelajaran ICARE

References

Dwiputra, et al. 2016. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Vol.13. hal.1. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Hariwijaya. 2009. Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Yogyakarta: Tugu Publiser.

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Jayanti. 2017. ”Pengembangan Media Pembelajaran ICARE”. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif. Volume 8. No.2. Krisnawan.2010. Pengertian dan Ciri-Ciri Pembelajaran. Surakarta.Universitas Sebelas Maret.

Paradesa. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Kontruktivisme Pada Mata Kuliah Matematika Keuangan. Jurnal Pendidikan Matematika JPM Rafa Vol.1. no 2. Palembang: UIN Raden Fatah.

Suyono. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Yumiati, 2015. Pembelajaran ICARE dalam Tutorial Online Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa UT. Jurnal Ilmiah Matematika. Volume 4. No.2. Pendidikan Matematika Universitas Terbuka.

Zanuriyati, Ifaza. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ICARE dan Tutorial Based Instruction Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Hasyim Asy’ari Kalipuncang Wetan Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. STAIN Kudus.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.