Hubungan Perhatian Orang Tua dalam Kegiatan Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 3 Kemiling Permai tahun ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dalam kegiatan belajar dengan hasil belajar. Metode penenlitian yang digunakan adalah korelasi dan data yang digunakan adalah data kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 3 Kemiling Permai. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 88 responden. Teknik pengambilan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara perhatian orang tua dalam kegiatan belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 3 Kemiling Permai tahun ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: hasil belajar, perhatian orang tua dalam kegiatan belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hasbullah. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kartono, Kartini. 2001. Patologi Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nugroho, Janu. 2016. Hubungan Persepsi Terhadap Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun Ke-5 2016.
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan Vol. 1 No. 1 November 2013.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.