Hubungan Kompetensi Guru Pendamping Khusus dengan Hasi Belajar Anak Lamban Belajar

Solehah Solehah, Sowiyah Sowiyah, Supriyadi Supriyadi

Abstract

The purpose of this study was to find out the positive and significant relationship between pedagogical competencies of the special assistant teacher with Indonesian learning result of the slow learning children at Inclusive Elementary Schools in Metro City. This type of research is ex-postfacto correlation.  The population is 52 teachers and the research sample is 40 teachers. Data collection tools are questionnaire observation, documentation studies, and interviews. Analysis of he data used is product moment correlation. Based on the research data analysis it can be concluded that there is a positive and significant relationship between pedagogic competencies of the special assistant teacher with the results of learning Indonesian children slow learning.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi Guru Pendamping Khusus (GPK) dengan hasil belajarBahasa Indonesia anak lamban belajar di SD Inklusif kota Metro. Jenis penelitian ini adalahex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 52 guru dan sampel penelitian sebanyak 40 orang guru. Alat pengumpul data yaitu observasi, angket studi dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik GPK dengan hasil belajar Bahasa Indonesia anak lamban belajar.

 

Kata kunci: GPK, hasil belajar, kompetensi pedagogik, lamban belajar.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Chauhan, Sanggeta. 2011. Slow Learners: Their Psychology and Educational Programmes. nith International Journal of Multidisciplinary Research (Vol.1 Issue 8 Desember 2011).

Darmadi, Hamid. 2012. Kemampuan Dasar Mengajar (Landasan dan Konsep Implementasi). Bandung. Alfabeta.

Ebisin, et al. 2017. Performance Analysis of E-Learning on Students’ Attitudes and Achievements: An Experimental Approach A Case Study of Ajara Comprehensive-School and AraromiIlogbo Junior Secondary School Oko-afo, Badagry, Lagos. Nigeria. www.ijern.com/journal/2017/July2017/23.pdf. Diakses pada 4 Desember 2017 pukul 13.36.

Http://lampung.tribunnews.com/2013/12/03/metro-dan-unesco-tekenmou-sebagai-kota-inklusi. diakses pada tanggal 20 Sepember 2018. Pukul 21:36 WIB.

Http://Asuhananak.Blogspot.Com/2016/09/Pengertian-Penyebab-Dan-Penanganan_12.Html Pengertian, Penyebab Dan Penanganan Lambat Belajar ( Slow Learner ) Sejak Dini 2017. 14 Oktober 2018 Pukul 07:48 WIB.

Himalina, Willy. 2016. Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SDN Di Gugus M. Syafi’i Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri. Jurnal.

Mudjito, Harizal, Elfindri. 2012. Pendidikan Inklusif. Jakarta. Jakarta: Baduose Media.

Lisdiana, Ana. 2012. Prinsip Pengembangan Atensi pada Anak Lamban Belajar “Modul Materi Pokok Program Diklat Kompetensi Pengembangan Fungsi Kognisi pada Anak Lamban Belajar bagi Guru di Sekolah Inklusi Jenjang Lanjut. Jurnal.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan (BPSDMP MPM) Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Laur Biasa ( PPPPPTK TK dan PLB. Bandung: Kemendikbud.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertivikasi Guru. Bandung. Rosdakarya.

Mulyasa. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung. Rosdakarya.

Mumpuniarti. 2007. Pendekatan Pembelajaran bagi Anak Hambatan Mental. Yogyakarta. Kanwa Publisher.

Rahmaniar, Fannisa Aulia .2016. Tugas Guru Pendamping Khusus (GPK) Dalam Memberikan Pelayanan Pendidikan Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Yogyakarta. Jurnal.

Reddy, et al. (2006). Slow Learners: Their Psychology and Instruction. Delhi. Discovery Pu. Jurnal.

Tarmansyah. 2007. Inklusi: Pendidikan Untuk Semua. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.