Hubungan Gaya Mengajar Klasik Dan Pemberian Motivasi Dengan Hasil Belajar Matematika

Sigit Dewantoro, Muncarno Muncarno, Ika Wulandari UT

Abstract

This study aims to find out the positive and significant correlation between students perceptions about classical teaching styles and motivation provision by educators to students' mathematics learning outcome. This is quantitative research. The method of research was ex-postfacto correlation. The methods of data collection were observation, questionnaires , and documentation. The data were analyzed through correlation of product moment and multiple correlation. The results of the research showed that there was a positive and significant correlation between students' perceptions about classical teaching styles and motivation provision by educators to students learning outcome, indicated by correlation coefficient of 0.557 that is interpreted as moderately strong correlation.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi peserta didik tentang gaya mengajar klasik dan pemberian motivasi oleh pendidik dengan hassil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang dipilih yaitu ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan: observasi, kuesioner (angket), dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi peserta didik tentang gaya mengajar klasik dan pemberian motivasi oleh pendidik dengan hasil belajar peserta didik, ditunjukkan dengan kofisien kolerasi sebesar 0,557 yang dapat diartikan terdapat korelasi yang cukup kuat.

 

Kata kunci:hasil belajar, gaya mengajar, dan pemberian motivasi.

References

Ali, Muhammad. (2014). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Aliyah, Nur Istiqomah. (2017). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 8 Tahun ke 6. Skripsi.

Ariani, Trisna. (2016). Gaya Mengajar Guru Kelas V Di SD Negeri Sayidan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 16 PP 1.572-1.583.

Deswita, Atika Prama. (2012). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Gaya Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada Program Keahlian Akuntansi Siswa Kelas X Di SMKN 1 Sawahlunto. Journal of Economic and Economic Education. Vol.2 No.1. Jurnal.

Indriani, Ari. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V terhadap Prestasi Belajar Matematika di Sd Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro. Skripsi.

Najichun, Mohamad. 2016. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Guru Matematika dengan Hasil Belajar Matematika.Jurnal Psikologi Undip. Vol.15 No.2. Jurnal.

Nursyaidah. 2015. Gaya Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Thariqah Ilmiah. Vol. 02. No. 02. Jurnal.

Nurjanah, Santi. 2018. Analisis Gaya Mengajar Guru Korespondensi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 2_No. 1. Jurnal.

Purwanto, Ngalim. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.

Setiadi, Bagus Ariawan. 2012. Hubungan antara Persepsi terhadap Gaya Mengajar dengan Motivasi Berprestasi pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Negeri 5 Semarang. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Skripsi.

Setianingrum, Dwi. 2017. Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar IPA MI Ma`Arif NU Sanguatang Purbalingga. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Skripsi.

Susanti, Susi. 2015.Pemberian Motivasi Belajar Kepada Peserta Didik sebagai Bentuk Aplikasi dari Teori-Teori Belajar. Jurnal PPKn dan Hukum. Vol. 10. No.2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.