Hubungan Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Matematika

Anwar Rosidi, Nelly Astuti, Muncarno Muncarno

Abstract

This study aims to determine the positive and the significant relationship between self-concept and study habits with learning outcomes. The type of the research was ex-postfacto correlation. The instrument of the data collection used a questionnaire with a Likert scale. The data analysis used  product moment correlation and multiple correlation correlation coefficient 0,400 at the level of strong enough. The results of the study showed that there was a positive and significant relationship between self-concept and learning habits with mathematics learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Instrumen pengumpulan data berupa angketdengan skala Likert. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlationnilai koefisien korelasi sebesar 0,400 bertanda positif dengan kriteria cukup kuat. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diridan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika.    

Kata kunci: kebiasaan belajar, konsep diri, matematika.

References

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Budiarnawan. (2014). Hubungan Antara Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas IV SD Desa Selat. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2 No.1. Hlm 87-93.

Diana, Eli. (2012). Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Koto Tuo kecamatan XIII Koto Kampar. Jurnal Pendidikan. Vol. 2 No. 3. Hlm 33-47.

Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gusliani, Meta. (2015). Kontribusi Kebiasaan Belajar dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 13 Padang. Jurnal Universitas Bung Hatta. Vol. 2 No. 2. Hlm 125-134.

Hartuti, Munah P. (2015). Peran Konsep Diri, Minat Dan Kebiasaan Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Vol. 5 No 2. Hlm 91-99.

Jampel, I Nym. (2013). Kontribusi Kebiasan Belajar dan Konsep Diri Terhadap Presentasi Belajar Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Inti Kecamatan Jembaran. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesa. Vol. 1 No. 1. Hlm 24-37.

Kamaliyah, Ismi. (2016). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Daerah Binaan II Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Jurnal Pendidikan. Volume 4 No 7. Hlm 77-83.

Lase, Sadiana. (2018). Hubungan Antara Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp. Jurnal Warta Edisi 56 PP 1.829-7.463. Hlm 87-96.

Singh, Parvinder. (2013). Interaction Effect of Self-Concept and Study Habits on Academic Achievement in Mathematics. International Journal of Engineering And Scince. Vol. 4 No. 11. Hlm 48-57.

Sumiyati, Tri. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Konsep Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Matematika Kelas VIII SMP Negeri Di Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Mitra Sains. Vol. 5 No. 2. Hlm 84-94.

Rosyida, Fatiya. (2016). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA. Jurnal Pendidikan Goegrafi. Vol. 3 No. 2. Hlm 29-41.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.