Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Tematik

Heru Biantoro Saputro, Maman Surahman, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem of this research was the lack oflearning result of students at SDN 1 Labuhan Ratu. The purpose of this research was to find out the effect of type Two Stay Two Stray cooperative learning model on thematic learning results ofstudents. The type of research used was experimental research with the Quasi Experiment method. The research design used was Nonequivalent Control Group Design. The sampling technique used Purposive Sampling, the subject are all fifth students of V A and V B amount 61 students. The method of data collection usid test instruments and activity observation sheets of students used the Two Stay Two Stray type learning model. Data analysis was used simple linear regression tests and t-test. Based on the results of the study, it was concluded that there isan effect of application Two Stay Two Stray cooperative learning model on the thematic learning results of fifth grade students of elementary school.

Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik di SDN 1 Labuhan Ratu. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode Quasi Experiment. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penelitian menggunakan Purposive Sampling, dengan subjek penelitian semua peserta didik kelas V A dan V B, sebanyak 61 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan instrument tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri.

Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran Two Stay Two Stray, tematik.

Full Text:

PDF

References

Gumay, Olivia Putri Utami. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Science and Physics Education Journal (SPEJ) Vol.1 No.1.

Hamalik, Oemar. 2014. Psikologi Belajar Mengajar.Bandung: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Lestari, et al. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TipeTwo Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa. Vol.3 No.1.

Megayani, Maulana Ilmi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Journal Bio Education Vol.2 No.2.

Sari Arinda, Azmi Permata Memen. 2016. Penerapan Model Kooperatif TipeTwo Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal.

Selvianty, et al. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal Jillid.11 No.1.

Suprijono, Agus. 2016. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.