Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA pada Pembelajaran Tematik

Aan Kurningsih, M. Thoha B.S. Jaya, Ujang Efendi

Abstract

The problem in this research is the low science study result of the students at fifth grade of SDN 5Jatimulyo. This study aims to determine the effect of guided inquiry model on natural science study result. This research is quantitative quasi-experimental with nonequivalent control group design. Population is student of class VA, VB, VC, with 91 students. The samples with randomly sampling are students from class VA and VB. This research is using test and observation. Data analysis was done t-test and linear regression. The results showed there is difference and influence in learning of natural science in the class using a guided inquiry model with conventional models.


Masalah penelitian ini adalah hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri 5 Jatimulyo masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas V A, B dan C yang berjumlah 91 peserta didik. Sampel pada penelitian dipilih secara random yaitu peserta didik kelas VA dan VB. Teknik pengumpulan adalah tes dan observasi, analisis data digunakanUji-t dan Regresi Linier. Hasil penelitian ada perbedaan dan pengaruh  hasil belajar IPA pada kelas yang menggunakan model inkuiri terbimbing dengan yang konvensional.

 

Kata kunci: hasil belajar IPA, inkuiri terbimbing,tematik

References

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Diyanti, Ni Made, et al. 2007 Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. e-JournalPGSDUniversitasPendidikanGaneshaMimbarPGSDVol:5 No:2 Tahun:2017. Di akses Melaluihttp://e-journal.ganesa.ac.id/index.php/bioili/article/downloas/2378/962/.Pada tanggal 20 Desember 2018.

Gede, Niluh, et al. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman KonsepIPA dengan Mengontrol Minat Belajar Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Jurusan Pendidikan Pendidik Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesa. Jilid 49 No 1. Hal 41-47. Diakses melaui https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/9008. pada tanggal 20 Desember 2018.

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No. 20 tentang Standar Kompetensi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Majid. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Neka, I K, et al. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing BerbasisLingkungan Terhadap Ketrampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD Gugus Depan VIII Kecamatan Abang. Universitas Pendidikan Ganesha: E-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. Vol 5:1-11.Di akses melalui https://media.neliti.com/media/publications/124383-ID-pengaruh-model- pembelajaran-inkuiri-terb.pdf padatanggal 20 Desember 2018.

Nurdyansyah, Eni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Izamia Learning Center.

Rahmani, et al. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (Kps). Jurnal Pencerahan. Majelis Pendidikan Daerah Aceh. Volume10, Nomor 2, September 2016. Issn:1693–1775. Di akses Melalui https://jurnalpencerahan.mpda.ac.id/indeks.php/article/9876/0982. Pada tanggal 20 Desember 2018.

Rusman, et al.2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sumantri, Johar, et al. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Maulana.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandari, Fitria. 2016. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Universitas Muhamadiyah Sidoarjo. Jurnal Pedagogia:ISSN:2089-3833 Vol 5, No2:267-278. Di akses melalui https://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/259pada tanggal 20 Desember 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.