Kegiatan Literasi di SD Fransiskus 1 Tanjungkarang

MG. Anggita Laras Tri Kawuri, Riswanti Rini, Erni Mustakim

Abstract

This study aims to describe literacy activities in Fransiskus 1 Tanjungkarang Elementary School with a focus on research (1) planning; (2) implementation (3) evaluation (4) inhibiting factors (5) supporting factors and (6) solutions for literacy activities. The research method is a qualitative approach with a case study design. Techniques for collecting data are interviews, observation, and documentation. Sources of research data are principals, vice principals, educators and students. Data analysis technique is data collection; data reduction; presentation of data; the process of drawing conclusions. The results of the study is the effectiveness of literacy activities on increasing reading interest and reading skills in Fransiskus 1 Tanjungkarang Elementary School.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keegiatan literasi di SD Fransiskus 1 Tanjungkarang dengan fokus penelitian (1) perencanaan ; (2) pelaksanaan  (3) evaluasi  (4) faktor penghambat (5) faktor pendukung dan (6) solusi untuk kegiatan literasi. . Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pendidik dan peserta didik. Teknik Analisa data yaitu Pengumpulan data; Reduksi data; Penyajian data; Proses penarik kesimpulan. Hasil penelitian: tingkat efektiftas kegiatan literasi terhadap peningkatan minat baca dan keterampilan membaca di SD Fransiskus 1 Tanjungkarang.

 

Kata kunci: evaluasi, faktor pendukung, faktor penghambat, literasi, pelaksanaan,   perencanaan, solusi.

References

Abdul, Jabar, et al 2007. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Abidin, Yunus, et al. 2017. Pembelajaran literasi. Jakarta: Bumi Aksara

Anonim. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Buku Ditjen Dikdasmen Kemdikbud Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2016 Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. Buku Saku Gerakan Literasi di Sekolah Ditjen Dikdasmen Kemdikbud

Fajar, Ika Rini.2018. Penerapan Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah DiSd Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta diakses pada http://eprints.ums.ac.id/64627/1/Naskah%20Publikasi.pdf 1 febuari 2019 pukul 2000.

Hayat, Bahrul & Yusuf, Suhendar. 2010.Benchmark Internasional Mutu Pendidikan. Jakarta :PT Bumi Aksara.

Ibadullah et al. 2017. Pembelajaran literasi berbasis sastra lokal. Jawa Timur: A E Media Gravika,

Komsiyah, Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Saepudin, Encang.2015.Tingkat Budaya Membaca Masyarakat. Diakses pada http://jurnal.unpad.ac.id/jkip/article/download/10003/4723 1 febuari 2109.

Sa’ud, S. & Makmun, A. S. (2014). Perencanaan pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Siagian.S.P.(2015). Filsafat administrasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiono.2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Teguh, Mulyo . Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti Di Akses Pada https://Eprints.Umk.Ac.Id/7379/6/3_Mulyo_teguh.Pdf pada 9 Desember 2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.