Kepemimpinan Kepala Sekolah SD Negeri 23 Gedongtataan

Beauty Lolla Parastika Munandar, Riswandi Riswandi, Maman Surahman

Abstract

This study aims to describe the leadership of the principal, with the focus of the research (1) principal as leader; (2) principal as a reformer; (3) principal as a motivator and (4) principal as an entrepreneur. Research methods used is qualitative approach with case studies. The technique of data collection are interview, observation, and documentation. The data source is the principal research and educators. Technique of data analysis are, reduction of data, presentation of data,  and conclusion. Results of research showed that the leadership of the principal, as performed by the principal starting from managing the school, giving influence, and guiding the educators, as well as creative and critical thought, innovation is flexible and sustainability as well as implementation of the renewing. The principal as motivators influence motivation to educators. The principal as entrepreneur, accepting the risk, giving opportunities, and entrepreneurial instincts have to manage resources.

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah, dengan fokus penelitian (1) Kepala sekolah sebagai pemimpin; (2) Kepala sekolah sebagai pembaharu; (3) Kepala sekolah sebagai motivator dan (4) Kepala sekolah sebagai wirausahawan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah dan pendidik. Teknik Analisa data yaitu Pengumpulan data; Reduksi data; Penyajian data; Proses penarik kesimpulan. Hasil penelitian: Kepemimpinan kepala sekolah sebagai pemimpin yang dilakukan oleh kepala sekolah dimulai dari mengelola sekolah, mempengaruhi, dan membimbing pendidik, serta pikir kreatif dan kritis, pembaharuan yang bersifat fleksibel dan berkesinambungan serta pelaksanaan pembaharuan. Kepala sekolah sebagai motivator memberikan pengaruh motivasi kepada pendidik. Kepala sekolah sebagai wirausahawan, menerima resiko, memberi peluang, dan memiliki naluri kewirausahaan mengelola sumber daya.

 

Kata Kunci: Kepala sekolah, kepemimpinan, pembaharu, motivator, wirausahawan

References

Akil. 2006. Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Tenaga Kependidikan dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Siswa SLTP Negeri Kabupaten Indramayu. http://www.malang.ac.id/jurnal. (Diakses Tanggal 23 Oktober 2018).

Anselm, S. dan Juliet, C. 2003. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hamalik, O. 2005. Inovasi Pendidikan. Bandung: YP. Permindo.

Handoko, T. H. 2008. Manajamen Personalia Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi aksara:

Ibrahim. 1988. Inovasi Pendidikan. Malang: FIP. IKIP.

Katz & Kahn R.L. 1978. The social Psychology of Organization. New York: Johs Wiley.

Mulyasa. 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Mensukseskan MBS dan KBK. Bandung: Rosda.

Safaria, T. 2004. Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sarbini. 2011. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Subagioatmodiwirio. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya.

Sudarma, M. 2013. Mengembangan Keterampian Bepikir Kreatif. Jakarta: Gramedia.

Sudriamunawar, Haryono. 2011. Kepemimpinan Peran Serta dan Produktivitas. Bandung: Mandar Maju.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D Bandung: CV.Alfabeta.

Sunyoto, A. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Modul Program Pasca Sarjana STIE IPWI.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007. Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Tilaar, H. A. R. 2002. Perubahan Sosial dan Pendidikan. Jakarta PT. Gramedia.

Wahjohsumidjo. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Rajawali Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.