Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V

Nosya Fachrizadini Khumaida, Rapani Rapani, Darsono Darsono

Abstract

The purpose of this research was to determine the positive and significant influence on the application of guided inquiry model to learning outcomes of the fifth grade student at SD Negeri 1 Way Mili.  This type of research was experimental research. The research design was non-equivalent control group design. The study sample is 53 students. The research instruments was a test. The results showed there were positive and significant influence, and Ha is accepted. There is a positive and significant influence on the application of inquiry models on learning outcomes.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Way Mili. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 53 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebermaknaan positif dan signifikan, dan Ha dinyatakan diterima. Hal tersebut berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar.

Kata kunci: hasil belajar, inkuiri terbimbing, tematik.

References

Bua, Yanti. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Volume . Nomor 2. Hlm. 391-401. Diakses pada URL http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15444. Pada tanggal 14 Maret 2019 pukul 16.23 WIB.

Dewi, Narni. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Volume 3. Hlm 1-10. Diakses pada URL http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/512/2016. Pada tanggal 27 Februari 2019 pukul 10.15 WIB.

Dewi, Ratna. (2018). The Influence of Guided Inquiry Learning Assisted Flash Aplication on the Result of Student. International Journal of Chemistry Education. Volume 7. Nomor 2. Hlm 533-538. Diakses pada URL https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/issue/view/1361 Pada tanggal 12 Januari 2018 pukul 20.38 WIB.

Kusuma, Ratna. (2019). Guided Inquiry Model Effect on Student Learning Outcomes. International Journal of Physic Education Department. Volume 1166 Nomor 1. Hlm 1-6. Diakses pada URL https://scholar.google.co.id/scholar?start=30q=guided+inquiry+model+effect+on+student+learning+outcomes/hl&00=%1nYHkhi/2019 Pada tanggal 10 Maret 2019 pukul 19.20 WIB.

Novilia, Lita. (2016). The Effectiveness of Guided Inquiry Approach to Cognitive Learning Outcomes. International Journal of Chemistry Education. Volume 9 Nomor 1. Hlm 17-23. Diakses pada URL https://scholar.google.co.id/scholar?start=30q=the+guided+inquiry+approach+to+cognitive+learning+outcomes/hl&00=%1nhYdoi/2016 Pada tanggal 10 Maret 2019 pukul 19.30 WIB.

Putra, Susanto. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan. Volume 5. Nomor 2. Hlm 1-11. Diakses pada URL http://jurnalfkipganesha.ac.id/index.php/jurnal/article/download/97/pdf. Pada tanggal 17 Januari 2019 pukul 21.12 WIB.

Rusman. (2015). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 418 hlm.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. 334 hlm.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadia Media. 310 hlm.

Tim Penyusun. (2013). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Udiani, Ketut. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA Mengendalikan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SD NO.7 Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Jurnal Pendidikan. Volume 7 Nomor 1. Hlm 21-32. Diakses pada URL https://scholar.google.co.id/scholar?start=30q=pengaruh+model+pembelajaran+inkuiri+terbimbing+terhadap+hasil+belajar+proses+sains+benoa /hl&00=%1nhYdoi/2017 Pada tanggal 10 Maret 2019 pukul 19.30 WIB.

Wulandari, Fitria. (2016). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.. Jurnal Pedagogia.Volume 5, Nomor 2. Hlm 267-278. Diakses pada URL https://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/259 Pada tanggal 5 Maret 2019 pukul 19.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.