Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SD

Rekha Julia Ardikha Putri, Sulistiasih Sulistiasih, Siswantoro Siswantoro

Abstract

The problem in this research is the low of mathematics learning result of fourth grade students of SD Negeri 1 East Metro. The purpose of this research was to find out the significant influence of problem solving methods to the results to learning outcomes of mathematics at SD Negeri 1 East Metro. The type of research was experimental research. The research design used was non-equivalent control group design. The population in this research is 52 students of fourth grade. The determination of research sample used saturated sample with 52 students. The research instrument used was the essay test question. Data analysis technique used is pooled variance t-test statistical test. The results showed that there was a significant influence on the problem solving method on student learning outcomes with tcount> t table, which was 3.753> 2.000 (with α = 0.05).

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Metro Timur. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan metode problem solving terhadap hasil belajar matematika SD Negeri 1 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 52 peserta didik. Sampel penelitian ditentukan menggunakan sampel jenuh yaitu dengan jumlah 52 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan soal tes uraian. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test pooled varians. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada metode problem solving terhadap hasil belajar matematika peserta didik dengan thitung > ttabel yaitu 3,753  > 2,000 (dengan α = 0,05).

 

Kata kunci: problem solving, hasil belajar, matematika.

References

Adjie, Nahrowi & Maulana. (2009). Pemecahan Masalah Matema-tika. Bandung: UPI PRESS.

Adnyani, Dewa Ayu Diah. (2018). Pengaruh Model Problem Sol-ving Berbantuan Media Audio Visual terhadap Penguasan Kompetensi Pengetahuan Ma-tematika. (jurnal pendidi-kan). Volume 2 No. 2 pp. 94-100. Diakses melalui URL https://-ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE pada tanggal 5 November 2018. Pukul 14:30.

Lutfiyanti. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Didukung Media Audio Visual terhadap Kemampuan Mengenal Perkembangan Teknologi Pro-duksi, Komunikasi dan Trans-portasi serta pengalaman peng-gunaanya di kelas IV SDN Sambiresik Kecamatan Gam-pengrejo Tahun Ajaran 2016/ 2017. (Jurnal Pedagogia). Vol. 01 No. 11 Tahun 2017 ISSN : AAAA-AAAA. Diakses pada URL http://simki.unpkediri.ac.id /mahasiswa/file_artikel/2017/f71fd230f7c91cfeeffb01884e996650.pdf. Pada tanggal 5 November 2018. Pada pukul 14:50.

Mutia, Aldina Dwi. (2016). Pengaruh Metode Problem Solving terha-dap Hasil Belajar PKN Pada Siswa Kelas IV (Jurnal Pen-didikan) vol.5, No. 11. Diakses pada URL http://jurnal.untan.ac. id/index.php/jpdpb/article/view/17447. Pada tanggal 11 April 2019. Pukul 18:41.

Nurkhasanah, Nina. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar PKN Tentang Globalisasi Di Kelas IV Sekolah Dasar Desa Sukaharja Kecamatan Cijeruk Bogor (Jurnal Ilmiah PGSD) vol. X No. 2. Diakses pada URL http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pgsd/issue/view/789. Pada tanggal 11 April 2019. Pukul 18:46.

Putri, Novita Larasati. (2018). Penga- ruh Metode Problem Solving Dengan Media Grafis terhadap Hasil Belajar Matematika (jur-nal pedagogi) vol. 7 No. 9. Di-akses pada URL http://jurnal. fkip.unila.ac.id/in dex. php/pgsd /article/view /16272. Pada tang-gal 11 Januari 2019. Pada pukul 20:23.

Reskiyani, Riski. (2018). Pengaruh metode problem solving terha-dap hasil belajar IPS SD. (jurnal pendidikan dan pembelajaran) vol. 7 No. 9. Diakses pada URL http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/27555/75676577884. Pada tanggal 5 No-vember 2018. Pada pukul 15:10.

Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Suhendri, Heri. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Ke-mandirian Belajar (Jurnal For-matif) vol. 3 No. 2. Diakses pada URL https:// journal.lppm- unindra.ac.id/index.php/Forma-tif/article/download/117/114. Pada tanggal 11 April 2019. Pukul 18:52.

Tim Visimedia. (2009). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Udin, Tamsik. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Mate-matika Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Legok Kabupaten Indramayu. Diakses pada URL http:// syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/458. Pada tanggal 11 April 2019. Pukul 18:57.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.