Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil belajar
Abstract
The purpose of this research to find out the significant and positive correlation between student perception about parenting parents and learning achievement, learning habits and learning achievement, and student perception about parenting parents and learning habits with learning achievement. The type of research was ex-postfacto correlation. Population was 230, and sample was 70 students. Data collection techniques used observation, questionnaire and documentation studies. Data analysis technique used was product moment correlation and multiple correlation. The results showed that there was a significant and positive correlation between student perception about parenting parents and learning achievement indicated at "low" level, there was a significant and positive correlation between learning habits and learning achievement indicated at "low" level, and there was a significant and positive correlation between student perception about parenting parents and learning habits with learning achievement indicated at “moderate” level.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan dan positif antara persepsi peserta didik tentang pola asuh orang tua dengan hasil belajar, kebiasaan belajar dengan hasil belajar, serta persepsi peserta didik tentang pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar. Metode penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 230 dan sampel berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara persepsi peserta didik tentang pola asuh orang tua dengan hasil belajar ditunjukan dengan taraf “rendah”, terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar ditunjukan dengan taraf “rendah”, dan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara persepsi peserta didik tentang pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar ditunjukan dengan taraf “sedang”.
Kata kunci: hasil belajar, kebiasaan belajar, pola asuh orang tua.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.
Garliah, Lili. 2010. Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Motivasi Berprestasi. Vol. 1 No. 1. Universitas Sumatera Utara. URL: http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/15708/psi-jun2005-%20(5).pdf?sequence=1. Diakses pada 3 Maret 2019 pukul 11.00 WIB.
Hidayati, Anisah Kauniyah. 2016. Hubungn Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Se-Gugus II Piyungan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 31 Tahun ke-5. UNY. URL: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/4924/4586. Diakses pada 12 Februari 2019 pukul 20:00 WIB.
Karnangsyah, Emi. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa dan Implikinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling.Vol 3. No. 1. URL: http://jurnal.iicet.org. Diakses pada 5 Maret 2019 pukul 10.00 WIB.
Magfirah, Irma. 2015. Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas V SD Negeri 2 Bontomantene Kepulauan Selayar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1. UIN Alauddin Makasar. URL: http://103.55.216.55/index.php/Mapan/article/viewFile/2753/3002. Diakses pada 12 Februari 2019 pukul 20.00 WIB.
Oktarina, Lindha Pradhipti. 2010. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Purwantoro. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian. Alfabeta: Bandung.
Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran: Alfabeta. Bandung.
Siagian, Roida Eva Flora. 2014. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Universitas Indraprasta PGRI. URL: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/download/93/90. Diakses pada 5 Mei 2018 pukul 21.00 WIB.
Spera, Christoper. 2010. A Review of the Relationship Among Parenting Practices, Parenting Styles, and Adolescent School Achievement. Vol. 17, No. 2. Universitas Negeri Padang. URL: http://www.sfu.ca/~jcnesbit/EDUC220/ThinkPaper/Spera2005.pdf. Diakses pada 13 Februari 2019 pukul 10.00 WIB.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.