Pengaruh Metode Problem Solving dengan Media Grafis terhadap Hasil Belajar Matematika

Novita Larasati Putri, Supriyadi Supriyadi, Siswantoro Siswantoro

Abstract

The purpose of this research was to know the significant and positive effect of problem solving method with graphic media to learning outcomes of mathematics student in grade V SD Negeri 4 North Metro. Type of research was experiment with quantitativie method. Design used was non-equivalent control group design. The population of this research to 51 students. The sample was determined using purposive sampling with 26 students. Technique of collecting data is done by technique of test and non test. The result showed there was significant and positive effect of problem solving method with graphic media to learning outcomes of mathematics student in grade V SD Negeri 4 North Metro. This is indicated by the result of hypothesis testing using t-test pooled varians obtained data tcount 2,201 > ttable 2,021 (with α = 0,05).

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif pada metode problem solving dengan media grafis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan metode kuantitatif. Desain yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Populasi penelitian  sebanyak 51 orang siswa sedangkan sampel penelitian menggunakan sampling purposive dengan jumlah 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif metode problem solving dengan media grafis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung 2,201 > ttabel 2,021 (dengan α = 0,05).

Kata kunci: problem solving, media grafis, matematika.

References

Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Aziz, Azmahani A. 2012 Evaluation on the Effectiveness of Learning outcomes from student's perfectives. Johor Malaysia. Social and Behavioral Sciences 56. 22-30.

Fitriani, Dwi. 2014. Penerapan Metode Problem Solving dengan Media Grafis pada Pembelajaran Tematik Kelas I B SD Negeri 7 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2013/2014 [skripsi]. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Diakses pada 7 Desember 2017.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika. Bandung. Remaja Rosdakarya. In’am, Akhsanul. 2016. Euclidean Geometry’s Problem Solving Based on Metacognitive in Aspect of Awareness. Malang. International Journal of Instruction. Vol. 11. No. 7. 2319-2331.

In’am, Akhsanul. 2016. Euclidean Geometry’s Problem Solving Based on Metacognitive in Aspect of Awareness. Malang. International Journal of Instruction. Vol. 11. No. 7. 2319-2331.

Johar, Rahmah. 2012. Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, Volume 1, Nomor 1, Oktober 2012, ISSN: 2302-5158. Diakses pada tanggal 11 Juli 2018 pukul 22.12 WIB.

Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Komariah, K. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah bagi Siswa Kelas IX J Di SMPN 3 Cimahi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada 23 Desember 2017 pukul 21.23 WIB.

Nizam. 2016. Daya Imajinasi Siswa Lemah. Dalam URL: http://nasional.kompas.com/read/2016/12/15/23091361/daya.imajinasi.siswa.lemah. Diakses pada 10/11/2017 pada pukul 22.34 WIB

Nurwijayanti, Ani. 2017. The Description of Students’ Mathematical Problem-Solving Skill and Self-Regulation. International Journal of Science and Applied Science. Vol. 2. No. 1. 38-44.

Sadiman. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta. Pusttekom dibud dan PT. Raja Grafindo Persada.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. CV Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenada media Group.

Tim Penyusun. 2009. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sinar Grafika.

________. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Winarso, Widodo. 2014. Problem Solving, Creativity, dan Decision Making. Jurnal Eduma Mathematics Education Learning and Teaching. Volume 3, No 1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.