Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD
Abstract
The problem of this research was the low of the result of fourth grade student of SD Negeri 01 Binakarya Baru on math subjects. This study research was to determine the positive and meaningful effect of Visual Auditory Kinesthetic (VAK) learning on mathematics learning results. The method used experimental method with non research design equivalent control group design. The population of this study there 50 students at IVth grade SD Negeri 01 Binakarya Baru, IVA as experimental class was 25 students and IVB as control class was 25 students. The data collection was used documentation, interviews, tests and questionnaires. The data analysis used statistical test of t-test separated variance. Based on hypothesis test the result should was that there is a positive and meaningful influence on Visual Auditory Kinesthetic (VAK) learning to mathematics learning results.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Binakarya Baru pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan bermakna pada pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar matematika.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah 50 siswa kelas IV SD Negeri 01 Binakarya Baru, kelas IVA sebagai kelas eksperimen 25 siswa dan kelas IVB sebagai kelas kontrol 25 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh anggota populasi 50 siswa menjadi sampel. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan dokumentasi, wawancara, tes dan angket. Analisi data menggunakan uji statistic t-test separated varians. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis ada pengaruh positif dan bermakna pada pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar matematika.
Kata kunci: hasil belajar, matematika, VAK.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adji, Nahrowi & Maulana. 2006. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung. UPI PRESS.
Ahmed, Dr. Omnia Nabih. 2012. The Effect of Different Learning Styles (visual, audithory, kinesthetical) Developing Writing Skills of EFl Saudi
Learners. British Journal of Arts and Social Science.
Ghufira, Siti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap Aktifitas Belajar Tematik Peserta Didik Kelas III SD Negeri Haduyang Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Lampung. Skripsi.
Hanafiah. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung. Refika Aditama.
Hasbullah. 2011. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (edisi Revisi). Yogyakarta. Raja Grafindo Persada.
Huda, Miftahul. 2014. Modelmodel Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Linto, R.L., dkk. 2012. Kemampuan Koneksi Matematis dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching dengan Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan
Matematika
Oftiyani, Oki. 2016. Penerapan Model Visual Auditory Kinesthetic (VAK) dengan Multimedia dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang
Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas IV SDN 5 Kebumen. Universitas Sebelas Maret. Skripsi.
Shahih Gholami, M. Bagheri. 2013. Relationship between VAK Learning Styles and Problem Solving Styles regarding Gender and Students' Fields of Study. Islamic Azad University Iran Journal.
Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). 2003. UndangUndang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitiam Kombinasi (Mixed Methods). Bandung. Alfabeta.
________. 2014. Metode Penelitiam Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Trisetio, E., dkk. 2014. Eksperimentasi Auditory Intellectually Repetition (Air) Dan Visualization Auditory Kinesthetic (Vak) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran InovatifProgresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.