Pengaruh Pengunaan Media Realia Terhadap Hasil Bajar Peserta Didik

Dea Ayu Permata Gunawan, Maman Surahman, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

The problem of this research is the result of the students’ learning outcomes at SD kartika II-5 bandar lampung is still low. The objectives of this research is to find out the influence of using the relia media on the learning process. The approach of the research is experimental design which is non-equivalent control group design. The population of this study was for 275 students and the samples were taken 80 students with experimental class of 40 students and control class of 40 students. Of instrument what is use is a test data test counducted by using a simple linier regression formula. The result of the research shows that there is a significant influence in implementing the relia media on the mathematics learning outcomes at the fifth grade of SD Kartika II-5 Bandar lampung in academic year 2017/2018.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik di SD Kartika II-5 Bandar Lampung. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pengunaan media realia terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 275 peserta didik dan sampel yang diambil 80 peserta didik dengan kelas eksperimen 40 peserta didik dan kelas control 40 peserta didik. Instrument yang digunakan adalah tes dan observasi, data dianalisis dengan menggunakan rumus regresi linier sederhada. Hasil Penelitian menunjukkan ada pengaruh pengunaan media realia terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Kartika II-5 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: hasil belajar, media realia, pembelajaran matematika

References

Arikunto,Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Aunurahman, 2010. Belajar dan Proses Pembelajaran. Bandung Alfabeta.

Komalasari, Kokom. 2010. Pemebelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Bandung. Refika Aditama.

Mullen, P.A. (2016). Effect of problembased learning and traditional instruction on self regulated learning. The Journal of Education Research,Heldref Publication, 99, 307-317. https://eric.ed.gov/?id=EJ744348. (Diakses pada tanggal 8 Desember 2017).

Permendikbud, 2016. No.24 pasal 1 ayat 3 tentang KI dan KD Kurikulum 2013

Sanaky Hujair, 2011. Media Pembelajaran Buku Pengunaan wajib guru dan dosen.Yogyakarta Kaukaba.

Siregar, syafian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta. PT Fajar Interpratam Mandiri.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.