Pengaruh Model Problem Based Learning Melalui Media Grafis Terhadap Hasil Belajar

Anis Ambar Wati, Yulina H., Darsono Darsono

Abstract

The problem in this study is the low learning outcomes of students of grade V of State Elementary School 10 East Metro. This study aims to determine the significant effect on the application of Problem Based Learning model (PBL) through graphic media to student learning outcomes. This research uses experimental method with non equivalent control group design. Data collection is done by test technique. The results that the average posttest value in the experimental class is 74.52, while in the control class is 64.77. Comparison of N-Gain value of experimental class with control class, that is 0,39 with 0,14. Test results using the formula t-test pooled variance obtained value tcount= 2.801 while T table = 2.021. It shows, that Ha is accepted. This means that there is a significant influence on the application of Problem Based Learning model (PBL) through graphic media to the results of learning Civics.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model Problem Based Learning melalui media grafis terhadap hasil belajar PKn siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Hasil penelitian menunjukan ratarata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 74,52, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 64,77. Perbandingan nilai N-Gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol, yaitu 0,39 dengan 0,14. Hasil pengujian menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh nilai Thitung  = 2,801 sedangkan Ttabel = 2,021. Hal tersebut menunjukkan (Thitung>Ttabel ), berarti Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) melalui media grafis terhadap hasil belajar PKn.

 

Kata kunci: hasil belajar, media grafis, PBL.

References

Ebisin, A.F. 2017. Performance Analysis of E-Learning on Students’ Attitudes and Achievements: An Experimental Approach A Case Study of Ajara Comprehensive-School and AraromiIlogbo Junior Secondary School Oko-afo, Badagry, Lagos. Nigeria. International Journal of Education and Research. Volume 5 No. 7. Halaman 323334.

Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SD/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta: ArRuzz.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurngaeni, S., Sardjiman, P., & Murti, R. C. 2013.Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembagian Bilangan Asli Siswa Kelas II SD Negeri 3 Bajong Bukateja Purbalingga. Jurnal Pendidikan.Vol.2 No.9: 1-8.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: Diva Pres.

Prayoga, Andi. 2014. Penggunaan media Grafis Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas IV SD Negeri 7 Metro Barat Tahun Pelajaran 2013/2014 (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Purnamasari Dwita. 2013. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V SD Negeri 66 Pontianak Tahun ajaran2013/2014. (Diakses pada tanggal 21 November 2017 jam 21.27 wib).

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja grafindo Pustaka.

Safei. 2007. Penggunaan Media Grafis. http://ejurnal.uinalauddin.ac.id/ artikel/09%20Penggunaan%20 Media%20Grafis%20%20Safei.pdf. (diakses pada 10/01/2018 @19.00).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.