Pengaruh Penggunaan Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD
Abstract
The purpose of this research is to know the influence of cooperative learning model type talking stick to the result of learning of Math class V student. This research type is experiment research. The design used in this research is quasi experimental design. The population in this study is all students of class V with the number of 48 students. Determination of sample research using purposive sample. Data collection tools use cognitive tests and questionnaires. Analysis of statistical test data using t-test pooled variance formula. The results showed that tcount = 2,414> ttable = 1,679 means Ha is accepted. This means that there is a significant influence on the application of cooperative learning model type of talking stick to the students' mathematics learning outcomes.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 48 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sample. Alat pengumpul data menggunakan tes kognitif dan angket. Analisis data uji statistik menggunakan rumus t-test pooled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 2,414 > ttabel = 1,679 berarti Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar matematika siswa.
Kata kunci: hasil belajar, matematika , taking stick.
Full Text:
PDFReferences
Jamiah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V sd Negeri 200211 Padang Matinggi. Jurnal Pendidikan dan Matematika. Vol.2 No.3: 252-254.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta. Kata Pena.
Kristarini (2017). Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.5. No.2: 8-9.
Lisdayanti. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Talking stick Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa kelas V SD Gugus 4 Batu Riti. Jurnal Universitas Pendidian Ganesha Vol.2. No.1:9-10
Mardiana. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol.3. No.3:136-137.
Mashuri. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Aljabar. Unnes Journal of Mathematics Education Vol.2 No.1: 50-55.
Nurngaeni, S., Sardjiman, P., & Murti, R. C. 2013. Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembagian Bilangan Asli Siswa Kelas II SD Negeri 3 Bajong Bukateja Purbalingga. Jurnal Pendidikan. Vol.2 No.9: 1-8.
Purwaningsih. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Ditinjau dari Kemampuan Matematika terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas xi SMA N Kebakkramat Tahun Pelajaran2013/2014.Jurnal Pendidikan Kimia Vol.3 No.4: 33.
Sari. 2017. Analysis Of Students’ Mathematical Communication Ability By Using Cooperative Learning Talking Stick Type. Infinity Journal. Vol.6 No.2:185-187.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta.. Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suwangsih, Erna, dan Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung. UPI PRESS.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Wahyuni. 2013. Penerapan Metode Talking Stick untuk Meningatan Hasil Belajar IPA kelas IV di SDN 2 Pesona. Jurnal Pendidikan Vol.1 No.1: 65-66.
Amoy, Deana. 2014. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar Negeri 23 Pontianak Barat. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdp/article/view/8146. Diakses pada 5 Maret 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.