Pengaruh strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap hasil belajar tematik Peserta Didik

Nys. Marta Trida, Sowiyah Sowiyah, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract

The purpose of this study was to analyze and to know the effect of the application of learning strategies based on Multiple intelligences on the students' thematic learning outcomes of class V SDN 08 East Metro. The type of this research was experimental research with quantitative approach method. The research design used was non-equivalent control group design. The population in this study was all students of class V with the number of 50 students. Determination of sample research using saturated sampling that was all the population sampled. Technique of collecting data was done by technique of test and questionnaire. The result of hypothesis testing using t-test pooled variance was tct = 2.12> t-table = 2.02 and for ttable (α = 0,05), it means that there was significant influence on the application of Multiple intelligences based learning strategy to thematic learning result.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran berbasis Multiple intelligences terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SDN 08 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V dengan jumlah 50 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampling jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung = 2,12 > ttabel  = 2,02 dan untuk ttabel (α = 0,05), artinya ada pengaruh  yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran berbasis Multiple intelligences terhadap hasil belajar tematik peserta didik.

Kata kunci : multiple intelligences, strategi pembelajaran, hasil belajar , tematik

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Chatib, Munif. 2011. Orang Tuanya Manusia. Bandung : Kaifa.

Faridah, Nur.2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences bagi Peserta didik Usia Sekolah Dasar. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. http://digilib.uin-suka.ac.id/27593/. diakses pada tanggal 20/11/2017.

Gardner, Howard. 2009. Frames of Mind. Bandung: Kaifa.

Legowo, E. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Penstimulasian Multiple Intelligences Peserta didik. Surakarta: Jurnal

Kajian Bimbingan dan Konseling,Vol 2, No.1. 1–8.

Mulyasa. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Rusman. 2010. Model-model Pem-belajaran. Bandung: Raja Grafindo.

Sener, Sabriye. 2017. An Investigation between Multiple Intelligences and Learning Styles. Turkey: Journal of Education and Training Studies. Vol. 6, No. 2. 125-132

Shephard Kerry. 2007. Higher Education For Sustainability: Seeking Affective Learning Outcomes. University of Otago, Dunedin. New Zealad.: journal of Education . Vol.7. No.2. 152-165

Sholikhah, Maaratus. 2015. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas III SDN Brayublondong Mojokerto. Madura: Universitas Tunojoyo.

Suryosubroto (2009). Sistem Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandug: Alfabeta.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.