Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas IV

Winda Fitria, Een Y. Haenilah, Loliyana Loliyana

Abstract

The problem of this research was the students results of thematic learning was still low. This study aims to find out the effect of discovery learning model implementation to the students result of thematic learning. The method of this research was experimental research which used nonequivalent control group design. The instrument that used by researcher are test and sheet of observation. The result shows there is a significant effect of the discovery learning model implementation to the students result of thematic learning.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar tematik peserta didik di SD Negeri 1 Labuhan Dalam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Labuhan Dalam Bandar Lampung.

Kata kunci: hasil belajar, discovery learning, pembelajaran tematik terpadu.

References

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Depdiknas. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.