Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Peserta Didik
Abstract
The problem of this research was the medium of learning arithmetic still less varied and more use the lecture method. The aim of research to determine the effect of the use of learning media flash card to the increasing numeracy skills of learners. The method used in this study is a quasi-experimental research design by using a design Nonequivalent Control Group Design. Research shows that there is an influence and a significant difference in the use of learning media flash card to the increasing numeracy skills of learners in SD Negeri 2 Bandar Lampung Sea Swamp academic year 2017/2018.
Masalah dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berhitung yang masih kurang bervariasi dan lebih banyak menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran flash card terhadap peningkatan kemampuan berhitung peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental design dengan menggunakan design Nonequivalent Control Group Design. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dan perbedaan yang signifikan dalam penggunaan media pembelajaran flash card terhadap peningkatan kemampuan berhitung peserta didik di SD Negeri 2 Rawa Laut Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018
Kata kunci: flash card, kemampuan berhitung.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ambarini, Vinca. 2006. Kartu Pintar Huruf. Jakarta: Gramedia Jakarta
Aqib, Zainal. 2014. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya
Bernard, dkk (2006). Media and Pendagogy in Undergraduate Distance Education: A Theory- Based Meta-Analysis of Empirical Literature.EducationalTechnology Research and development. Vol.54,No.2.Tersedia:https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:uRifNyzk74J:https://eric.ed.gov/%3Fid%3DEJ743267+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-a. Diakses pada 3 Januari 2018
Fitriyani, dkk. 2017. Efektivitas Penggunaan Media Flash Card dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Jurnal sultan Syarif Kasim Riau.Vol. 4. No. 2.Tersedia:https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:Gd00y1Wn7isJ:https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/psy/article/viewFile/1744/1361+&cd=5&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-a. Diakses 2 Februari 2018
Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA PresYogyakarta
Isa, A. 2016. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol.6 No.1. Tersedia: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1105. Diakses pada 25 januari 2018
Kuntarto,Eko. 2017. Pembelajaran Calistung. (Handout Modul Kuliah).Tersedia:http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:udBM4T0cAI0J:repository.unja.ac.id/634/1/BUKU%2520CALISTUNG.pdf+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id. Diakses tgl 10 november 2017
Liu, dkk. 2009. Impact of Media Richness and Flow on E-lerning Technology Acceptance of Second Life. (Journal). Swinburne University of Technology.Vol.52,No.3.Tersedia:http://www.ascilite.org/conferences/melbourne08/procs/saeed.pdf. Diakses pada 3 januari 2018.
Nugrahani, Rahima. 2007. Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kualitas belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan. Vol.36 No.1. Tersedia:https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/524. Diakses 25 Januari 2018
Sriningsih, N. 2008. Pembelajaran Matematika terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebalah
Suwarna, dkk. 2006. Pengajaran Mikro. Yogyakarta: Tiara Wacana
Refbacks
- There are currently no refbacks.