Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Peserta Didik

Indah Purnama Sari, Riswandi Riswandi, Maman Surahman

Abstract

The problem of this research was the medium of learning arithmetic still less varied and more use the lecture method. The aim of research to determine the effect of the use of learning media flash card to the increasing numeracy skills of learners. The method used in this study is a quasi-experimental research design by using a design Nonequivalent Control Group Design. Research shows that there is an influence and a significant difference in the use of learning media flash card to the increasing numeracy skills of learners in SD Negeri 2 Bandar Lampung Sea Swamp academic year 2017/2018.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berhitung yang masih kurang bervariasi dan lebih banyak menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran flash card terhadap peningkatan kemampuan berhitung peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental design dengan menggunakan design Nonequivalent Control Group Design. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dan perbedaan yang signifikan dalam penggunaan media pembelajaran flash card terhadap peningkatan kemampuan berhitung peserta didik di SD Negeri 2 Rawa Laut Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018

Kata kunci: flash card, kemampuan berhitung.

References

Ambarini, Vinca. 2006. Kartu Pintar Huruf. Jakarta: Gramedia Jakarta

Aqib, Zainal. 2014. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya

Bernard, dkk (2006). Media and Pendagogy in Undergraduate Distance Education: A Theory- Based Meta-Analysis of Empirical Literature.EducationalTechnology Research and development. Vol.54,No.2.Tersedia:https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:uRifNyzk74J:https://eric.ed.gov/%3Fid%3DEJ743267+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-a. Diakses pada 3 Januari 2018

Fitriyani, dkk. 2017. Efektivitas Penggunaan Media Flash Card dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Jurnal sultan Syarif Kasim Riau.Vol. 4. No. 2.Tersedia:https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:Gd00y1Wn7isJ:https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/psy/article/viewFile/1744/1361+&cd=5&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-a. Diakses 2 Februari 2018

Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA PresYogyakarta

Isa, A. 2016. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol.6 No.1. Tersedia: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1105. Diakses pada 25 januari 2018

Kuntarto,Eko. 2017. Pembelajaran Calistung. (Handout Modul Kuliah).Tersedia:http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:udBM4T0cAI0J:repository.unja.ac.id/634/1/BUKU%2520CALISTUNG.pdf+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id. Diakses tgl 10 november 2017

Liu, dkk. 2009. Impact of Media Richness and Flow on E-lerning Technology Acceptance of Second Life. (Journal). Swinburne University of Technology.Vol.52,No.3.Tersedia:http://www.ascilite.org/conferences/melbourne08/procs/saeed.pdf. Diakses pada 3 januari 2018.

Nugrahani, Rahima. 2007. Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kualitas belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan. Vol.36 No.1. Tersedia:https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/524. Diakses 25 Januari 2018

Sriningsih, N. 2008. Pembelajaran Matematika terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebalah

Suwarna, dkk. 2006. Pengajaran Mikro. Yogyakarta: Tiara Wacana

Refbacks

  • There are currently no refbacks.