Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar IPS
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPS siswa. Sampel penelitian ini menggunkan teknik sampling non probability sampling dengan jenis teknik purposive sampling dengan jumlah peserta didik sebanyak 37 orang. Purposive sampling adalah teknik penentu sampel dengan pertimbangan tertentu, kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen yang menerapkan metode demonstrasi adalah kelas IV B karena jumlah peserta didik dengan nilai di bawah KKM (65) cukup banyak, yaitu mencapai 22 siswa. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest design yaitu penelitian ini hanya pada satu kelompok yang berfungsi sebagai kelompok kontrol (sebelum dikenalkan perlakuan ujinya) maupun kelompok eksperimen (setelah dikenalkan perlakuan ujinya). Hasil penelitian adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPS.
Kata kunci: metode demonstrasi,hasil belajar, IPS Sekolah Dasar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andriani, Durri. 2013. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Anitah, Sri. 2011. StrategiPembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Jakarta: Rineka Cipta.
Murdiono. 2012. Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan Berbasis Portofolio:Yogyakarta
Munib, Ahmad dkk. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES.
Nunuk & Leo Agung, (2012) strategi belajar mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Roestiyah N.K 2008. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.