Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui model cooperative learning tipejigsawpada siswa kelas IVA SDN 05 Metro Barat. Jenis penelitian ini adalah PTK dan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes, menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe jigsawdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: jigsaw, aktivitas, hasil belajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Apriyanto, Ferry. 2012. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V A SD Negeri 8 Metro Timur Tahun Pelajaran 2011/2012. Lampung. Universitas Lampung.
Arends, Richardl. 1997. Classroom Instructional Management. New York. The Mc Graw-Hill Company.
Bower H.G & Hilgard, E.R. (1987). Teori Of Leraning. New Delhi. Prentice-Hall Of India Private Limited.
Dorothy J. Skeel. (1995). Elementary Social Studies-Challenger For Tomorrows world. United States Of America. Harcourt Brace Collage Publisher.
Djamarah & Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.
Isjoni. 2007. INTERGRATED LEARNINGPendekatan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Pekanbaru. Falah Production.
Johnson, D.W & Johnson, R.T. (1994). Learning Together And Alone, Cooperative, Competitive, And Individualistic Learning (4th Ed). Boston. Allyn And Bacon.
Kurniasih Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Untuk Peningkatan. Profesionalitas Guru.Yogyakarta. Kata Pena.
Maslucah, Yeni. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Pamotan Porong Sidoarjo. Surabaya. Universitas Surabaya.
McNiff, Jean. (1992). Action Research; Principles and Practice.London. Routledge.
Sriyanto (2014b). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja BerdasarkanPola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal Psikologi. Volume 41 Hal. 74-78
Sudjana Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2013.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. PT. Fajar Interpratama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.