Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika SD

Ferra Dwi Putri, Sarengat Sarengat, Rapani Rapani

Abstract

The purpose of research is to find the relation of learning interest with students mathematics achievement. The type of research is ex-postfacto correlation. The population of thisresearch158 people student. The sample of research is 61 respondents which is taken by techniqueproporsional stratified random sampling.The data are collected by using questionnaire and study of documentation. The data are analysed by using that is formula Product Moment Correlation.. The result of the research shows that there is a significantand positive correlation of learning interest with students mathematics achievementwith tcount 2,11> ttable 2,021 (with ? = 0,05).

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian adalah penelitian ex-postfacto korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 158 orang siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 61 responden yang dipilih berdasarkan teknik proporsional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikandan positif antara minat belajar terhadap prestasi belajar dengan thitung>ttabelyaitu 2,11 >2,02 (dengan ? = 0,05).

Kata kunci: minat belajar, prestasi, matematika

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta. Rineka Cipta.

Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. CV. Pustaka Setia.

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. PT.Fajar Interpratama Mandiri.

Tim Penyusun. 2016. Undang-Undang Sistem Pendidikan NasionalNo 20 Tahun 2003.http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_20_03.htm.Diakses Tanggal 23 November2016 Pukul 16.30 WIB.

Utomo, Feby Widhi Setyo. 2013. Perbedaan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran E-Learning dan Konvensional Pada Mata Pelajaran Sejarah di Sma N 1 Candiroto Temanggung.http://lib.unnes.ac.id/18118/1/3101408105.pdf .Diakses Tanggal 21 Januari 2017 Pukul 12.32 WIB.

Zusnani, Ida. 2013. Pendidikan Kepribadian Siswa SD-SMA. Jakarta Selatan. Tugu Publisher.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.