Pengaruh Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Yusrifa Indrias, Sarengat Sarengat, Suwarjo Suwarjo

Abstract

The background of this research is the low of civic education study result. The purpose of research objective was to determine the influence of cooperative learningtypestudent facilitator and explainingto mathematics study resultIV grade student of SD Negeri 1 Simbarwaringin. This type of research is experimental research with experimental design non equivalent group design. The data collection is done by using a pretest and posttest question. Analysis data using independent sample t test with the program Statistical Product and Service Solutions(SPSS).The result of the testing of hypotheses shows that there are influence cooperative learningtype student facilitator and explainingtowards mathematics study result IV grade student of SD Negeri 1 Simbarwaringin.

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe student facilitator and explaining terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Simbarwaringin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen non-equivalent groupdesign.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pretest dan posttest. Analisis data menggunakan independent sample t test dengan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh model cooperative learning tipe student facilitator and explaining terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Simbarwaringin.

Kata kunci: cooperative learning tipe student facilitator and explaining, hasil belajar, matematika.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi (Revisi VD). Jakarta. Rineka Cipta.

Huda, Miftahul . 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Pebriani, Gita. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII MTsN Model Padang.http//jurnalmahasiswa.article/view/458/853. Diakses pada 8 April 2017 Pukul 19.30 WIB

Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenadamedia Grup.

________.2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

________.2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

_________.2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.