PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1

Delfi Citra Utami, Lilik Sabdaningtyas, Sugiman Sugiman

Abstract

The research problem is the low reading skills of students in class 1 SD statel Rajabasa Raya. This study aims to determine the effect of the letter to the media card reading ability of students to class 1. The method used in this research is method (quasi experiment). The study design non equivalent control group design. Sampling techniques in this using cluster random sampling technique. Technical Data collection for this study is the observation and performance tests. Technical Analysis of the data using the t test. Results showed that the average experimental class that is 7.34 and the average value of the control group is 5.2. The analysis of tcount 7,748 and on 5% significance level of 2.048407. Thus Ha accepted which says there are differences in the use of the letters to the media card reading ability of students starting class 1 SD state 1 Rajabasa Raya.

Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan membaca siswa di kelas 1 SD Negeri 1 Rajabasa Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode (quasi experiment). Desain penelitian non equivalent control group design. Teknik Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan tes performance. Teknik Analisis data menggunakan uji t.Hasil analisis rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 7,34 dankelas kontrol yaitu 5,2. Hasil analisis thitungsebesar 7,748 dan ttabel pada taraf signifikasi 5% sebesar 2,048407. Sehingga Ha diterima yang berbunyi terdapat perbedaan pada penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 1 Rajabasa Raya.

Kata kunci:media kartu huruf, kemampuan membaca.


References

Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA A Press. 27.

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Pers. 1

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA. 44.

Kemendikbud. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20

Tahun 2003 Tentang

SistemPendidikan Nasional.Jakarta: Kemendikbud. 1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.