PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD

Bima Suci Rahmatullah, Suwarjo Suwarjo, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

The purpose of study was to determine the effect of jarimatika method. The quasi-experiment method with non-equivalent control group was used in this study. The sampel consisted of 26 subjects as the experimental group and 26 subjects as the control group with purposive sampling as the sample technique. The instrument in collecting the data used test sheet. Hypotheses were tested using analysis of comparative two sampling correlation. The result of research showed that implementation of jarimatika method gave effect to the study result of student with sig. (2-tailed) < ?.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dengan menerapkan metode jarimatika. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi-eksperimen metode non-equivalent control group design. Sampel terdiri 26 subjek kelompok eksperimen dan 26 kelompok kontrol. Alat pengumpul data menggunakan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan analisis uji hipotesis komparatif dua sampel yang berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode jarimatika berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan sig. (2-tailed) < ?.

Kata kunci: metode jarimatika, hasil belajar matematika.

References

Adji, Nahrowi & Maulana. 2006. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: UPI PRESS.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Trivia. 2013. Metode Berhitung Lebih Cepat Jarimatika. Jakarta: Lingkar Media.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas). 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitiam Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003. Jakarta: Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.