HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Intan Lestari, Alben Ambarita, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

The purpose of this research was to find a significant correlation between the students perception about parenting parents with student motivation. This type of research was correlation research. The data were collected by using questionnaire and of data instrument is questionnaire with Likert scale, which tested for validity and reliability in advance. The result of the hypothesis test showed correlation coefficient variable parenting parents with students motivation variable is r = 0,464 with thitung > ttableis 4,626 > 2,000 (with ? = 0,05). It means, the significant correlation between the students perception about parenting parents with student motivation. The contribution of variable X towards variable Y is 21,5%, while 78,5% influenced by variables or other factors not discussed in this study.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukkan nilai koefisien korelasi variabel pola asuh orang tua dengan variabel motivasi belajar siswa yaitu r = 0,464 dengan thitung > ttabel yaitu 4,626 > 2,000 (dengan ? = 0,05). Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa. Kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 21,5%, sedangkan 78,5% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.

Kata kunci: persepsi, pola asuh, motivasi belajar.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmosiswoyo & Subyakto. 2002. Anak Unggul Berotak Prima. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas. 2009. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hurlock, Elizabeth B. 2004. Perkembangan Anak Jilid 2: Edisi Ke Enam. Jakarta: Erlangga.

Papalia, Diane E. 2010. Human Development: Edisi Ke Sembilan. Jakarta: Kencana.

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusmana, Engkan. 2012. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kemampuan Berpikir Kritis Remaja dengan Status Identitas Diri Remaja (Siswa) SMK Yamsik Kuningan. Tidak diterbitkan.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Belajar.

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tirtarahardja, Umar & La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.