HUBUNGAN BIMBINGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS

Febry Helvita Sari, Tambat Usman, Nazaruddin Wahab

Abstract

The problem in this research was the low achievement and the lack of social studies of student tutoring at home in the fifth grade students of SD Negeri 1 Bandar Lampung Kalibalau Kencana Academic Year 2015/2016. The purpose of this research was to determine the relationship between the family counseling with a social studies student achievement. This type of research used in this study was a correlation study. The population in this study were all students. The sampling technique used was total sampling. With as many as 45 students. Data collection techniques in this study were using observations, questionnaires, and documentation. The results of data analysis showed that (1) the relationship between family counseling and academic achievement of IPS student with a correlation coefficient of 0.652, (2) there is a close relationship between family counseling and academic achievement of IPS with a correlation coefficient of 0.652 which is greater than r tabel whichb is 0.301.

Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS siswa dan kurangnya bimbingan belajar di rumah pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kalibalau Kencana Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan keluarga dengan prestasi belajar IPS siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Sehingga, sampel penelitian ini adalah sebanyak 45 siswa yang merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) adanya hubungan antara bimbingan keluarga dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,652, (2) terdapat hubungan yang erat antara bimbingan keluarga dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,652 lebih besar daripada rtabel yaitu 0,301.

Kata kunci: bimbingan, keluarga, dan prestasi belajar IPS.

References

Ahmadi, Abu dll. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Anshari, Hofi. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Hasan, A. 2007. KBBI, edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Gunawan, Yusuf & Subroto, Catherine Dewi Liman. 2001. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Hasbullah. 2008. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Permendikbud No. 67 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud. Jakarta.

Permendikbud No. 144 Tahun 2013 Tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik. Kemendikbud. Jakarta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Grasindo.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud: Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.