PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA TIGA DIMENSI

Heidy Pratiwi, Nelly Astuti, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

The background of this research was the low grade of activities and study result on math lesson of students class IV A Elementary School 10 Central Metro. The aims of this research were to increase the activities and study result of students on math lesson by using discovery learning with three dimention media. The method of research was classroom action research (CAR). The instrument of data collection used observation sheet and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative technique. The result of the research showed that the implementation of discovery learning with three dimention media could increase the activities and study result on math lesson of students class IV A Elementary School Central Metro.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV A SD Negeri 10 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui model discovery learning dengan media tiga dimensi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning dengan media tiga dimensi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV A SD Negeri 10 Metro Pusat.

Kata kunci : aktivitas, discoverylearning, hasil belajar, media tiga dimensi.

References

Budingsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta.

Bundu, Patta. 2006. Penilaian Ketrampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Dawam, M Nafi. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Ganesindo.

Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Putra.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kusumah dan Dwitagama. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: KENCANA Prenadamedia Group.

Poerwanti, Endang., 2009. Assesmen Pembelajaran SD. Dirjen Dikti. Jakarta: Depdiknas.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Tim Penyusun. 2006. Standar Isi dan Standar Kompetensi untuk Satuan Pendidikan atau Madrasah Ibtidaiyah dan Menengah (Peraturan Mendiknas No. 22 dan 23 Tahun 2006). Jakarta: Depdiknas.

Wardhani, IGAK., 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.