Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Ditinjau Dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Azizullah Putri. 2015. Pengaruh Perilaku Belajar Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan. (Online). Vol. 5 No. 2. (http://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/viewFile/4395/3102), diakses pada 20 Juni 2019.
Blatto-Vallee, G. et al 2007. Visual–Spatial Representation in Mathematical Problem Solving by Deaf and Hearing Students. Journal of Deaf Studies and Deaf Education. American Journal of Physics. (Online). Vol. 12. No. 4.. (https://www.academia.edu/26762615/Visual_Spatial_Representation_in_Mathematical_Problem_Solving_by_Deaf_and_Hearing_Students), diakses 29 Juni 2018.
Depdiknas. 2003, Undang-Undang Sistem Pendidikan No. 20 Tahun 2003 tentang fungsi dan tujuan Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara. (Online). (http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08//UU_no_20_th_2003.pdf), diakses 20 Mei 2018.
Effendi, L.A. 2012. Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal UPI. (Online).Vol. 13. No. 1.. (http://jurnal.upi.edu/file/6LeoAdharEffendi.pdf.), diakses 20 Januari 2019.
Halizah, Nur. 2013. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII MTS NURUL HUDA. Jurnal Apotema. (Online). Vol. 2. No. 2. (jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/download/120/51/), diakses 20 Juli 2019
Jailani. 2018. Desain Pembelajaran Matematikan Untuk Melatih Hinger Order Thinking Skill. UNY Press, Yogyakarta.
Kurniawan, Yusuf. 2018. Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa madrasah tsanawiyah. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. (Online). Vol. 15. No. 2. (https://journal.uny.ac.id/index.php/sosia/article/download/22674/pdf), diakses 20 Maret 2019.
Mahmudi, Ali. 2016. Memberdayakan Pembelajaran Matematika Untuk Mengembangkan Kompetensi Masa Depan. Preceedings of Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan MatematikaUNY, Yogyakarta: 05 November 2016.
Nela Rizka, Hendra Syarifuddin dan Suherman. 2014. Pengaruh Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online). Vol. 3. No.2. (https://docplayer.info/50381455-Vol-3-no-2-2014-jurnal-pendidikan-matematika-part-1-hal-nela-rizka-1-hendra-syarifuddin-2-suherman-3-abstract.html), diakses 20 Desember 2018.
Nursiami, Siti dan Soeprodjo. 2015. KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN FLASH INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. (Online). Vol. 9. No. 1. (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/download/4811/3979), diakses 18 Juni 2019.
Paradesa, Retni. 2015. KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATAKULIAH MATEMATIKA KEUANGAN. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA. (Online). Vol. 1 No. 2. (http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/download/1236/1029), diakses 20 Maret 2019.
Sanjaya, Indrayana Ika. 2018. KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN BERDASAR GAYA BELAJAR HONEY MUMFROD. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika. (Online). Vol. 2. No. 2. (http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/mtk/article/view/4076), diakses 20 Mei 2019.
Sennen, Eliterius. 2016. ANALISIS KESALAHAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA YANG TERKATEGORI SULIT PADA UASBN. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. (Online). Vol. 8. No. 2. (https://ejournal.stkipsantupaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/download/101/79/), diakses 20 Juli 2019.
Supardi, Kasmadi Imam. 2010. PENGARUH PENGGUNAAN ARTIKEL KIMIA DARI INTERNET PADA MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. (Online). Vol. 4. No. 1. (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/download/1315/1392), diakses pada 24 Juli 2019.
TIMSS. 2015.TIMSS 2015 International Results in Mathematics. (Online). (http://timms2015.org/timss2015/mathematics/studentachievement/distribution-of-mathematics-achievement/), diakses 01 November 2018.
Triyono. 2017. Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Creative Problem Solving Terhadap Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan. (Online) Vol. 1. No. 2. (https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/9429/pdf), diakses 20 Juni 2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Flimacon.v1i1.19307
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Limacon: Journal of Mathematics Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing Site: