Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri Transformasi

Eka Suprana, Nurul Farida

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa bahan ajar matematika berbasis etnomatematika yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Mia 2 SMA N 1 Purbolinggo. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket validasi oleh ahli, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil analisis validasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika adalah 88% masuk dalam kriteria valid, rata-rata hasil penilaian/respon peserta didik adalah 80% yang masuk dalam kategori sangat kuat/respon positif, dan ketuntasan klasikal peserta didik mencapai 86%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar matematika berbasis etnomatematika yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ami, M., Susantini, E., dan Raharjo. 2012. Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMA/MA Kelas XI. Jurnal BioEdu. Vol.1 No.2.

Dahlan, J. A., Permatasari, R. 2018. Pengembangan Bahan Ajara Berbasis Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol. 2, No. 1, Hal.133-150

Mohamad, Z. S, 2014. Sains Matematik dalam Acuan Bahasa Melayu dan Islam. Malaysia: PTS Akademia

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.19 Tahun. 2015 Tentang Standar Proses Nasional Pendidikan

Prastowo, A. 2018. Sumber Belajar dan pusat Sumber Belajar. Depok: Prenadamedia Group

Riduan, A. 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistik. Bandung: ALFABETA

Rosa, M., Shirley, L., dan Gavarrete, M. 2017. Ethnomathematics and Its Diverse Approa Ches For Mathematics Education. USA: Springer Noture

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutarti, T dan Irawan, E. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: DEEPUBLISH (Group Penerbitan CV Budi Utama)

Widodo, C., dan Jasmadi. 2018. Panduan Menulis Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Flimacon.v1i1.18868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Limacon: Journal of Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing Site: