EVALUASI PEMANFAATAN FASILITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ICT OLEH DOSEN FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Ngadimun Ngadimun, Loliyana Loliyana

Abstract


This research aims to: (1) identify the total number of FKIP lecturers who have used ICT based learning facility, (2) describe the condition of using ICT based learning facility, (3) describe the development of using ICT based learning facility by FKIP lecturers. This evaluation research is done at FKIP Unila for 3 months. Subjects of the research as the sample are 97 lecturers (42% of population) and 127 students (10 students as the representative of each study program). The instrument to collect the data is using questionnarre for the lecturers and the students. The results of this research are: (1) socialization of ICT based learning to the lecturers and students is still lack, (2) LCD user and Video learning have been good enough, but there are still 12% of the lecturers that have not used it, (3) Blog learning user, e-learning, and e-mail are in the level of quite good, the students claimed that there are still 20% of lecturers who have not used the facility, (4) the lecturers who frequently use the online learning facility are only 5%, still 68% who rarely use the facility, and those who have not used are still 27%.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi jumlah dosen FKIP Unila yang telah memanfaatkan fasilitas pembelajaran berbasis ICT, (2) mendeskripsikan kondisi pemanfaatan fasilitas pembelajaran berbasis ICT, (3) mendeskripsikan tingkat perkembangan pemanfaatan fasilitas pembelajaran berbasis ICT oleh dosen FKIP Unila. Penelitian evaluasi ini dilaksanakan di FKIP Unila selama 3 bulan, subjek penelitiannya sampel dosen sebanyak 97 orang (42% populasi) dan mahasiswa sebanyak 127 orang (10 orang mewakili per program studi). Instrumen pengumpul data digunakan angket untuk dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) sosialisasi pembelajaran berbasis ICT baik kepada dosen dan mahasiswa masih kurang, (2) pengguna LCD dan Video pembelajaran sudah cukup baik, hanya masih 12% dosen belum selalu menggunakannya, (3) pengguna blog pembelajaran, e-learning, dan e-mail sampai taraf cukup, mahasiswa menyatakan masih ada 20% dosen belum memanfaatkan fasilitas itu, (4) dosen yang sudah sering memanfaatkan fasilitas pembelajaran online baru 5%, masih 68% jarang menggunakan, dan yang belum menggunakan masih 27%.

Kata kunci: blog pembelajaran, e-learning, pembelajaran berbasis ICT.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ngadimun dan Baharuddin. 2011. Evaluasi Penyelenggaraan Pembelajaran Berbasis Information Communication Technology (ICT) Oleh Dosen FKIP Unila. Bandar Lampung: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP dan HEPI Lampung 2011.

Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Kemdikbud

Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: Kemdikbud

Rochaety, Ety. dkk. 2006. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sallis, Edward. 2010. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan (Terjemahan). Yogyakarta: Ircisod.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Webe, Agung. 2010. Smart Teaching. Yogyakarta: JB. Publisher.

Yulianto, S. Eko dan Razaq, Abdul. 2011. Memaksimalkan Penggunaan Microsoft PowerPoint 2010 Presentasi Multimedia dan Interaktif. Surabaya: Indah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Progresif




View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.