PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENARAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS KELOMPOK

Nazaruddin Wahab

Abstract


This research aimed to describe; (1) learning plan design (2) analyzing the learning activity (3) analyzing the evaluation system (4) analyzing the increase of learning achievement. Research method used in this research was action method. The research was conducted through three cycles. The conclusions of the research were: (1) The design of the learning implementation on competency standard about recognizing nature resources, economic activity and technology progress in regency/town and province, basic competency recognizing economic activity that had relation to resources and other potency in the place of implementation of group assignment giving. (2) Students' activity seen in the process of learning implementation like paying attention, taking notes, asking, and answering. (3) evaluation system used description form with medium validity and sufficient reliability (4) learning achievement of completed students raised on each cycles such as class IVA 60%, 72%, 92% from 25 students and class IVB 48%, 70%, 93% from 27 students.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) desain rencana belajar (2) analisa aktivitas belajar (3) analisa sistem evaluasi (4) analisa peningkatan prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tindakan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Kesimpulan dari penelitian adalah (1) desain implementasi belajar pada standar kompetensi mengenali sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan peningkatan teknologi di kabupaten/kota dan provinsi, kompetensi dasar mengenali kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan sumber daya dan potensi lainnya pada implementasi pemberian tugas kelompok.(2) aktivitas siswa terlihat pada proses implementasi belajar seperti memperhatikan, mencatat, bertanya, dan menjawab. (3) sistem evaluasi yang menggunakanform deskripsi dengan validitas sedang dan realibilitas yang cukup (4) prestasi belajar siswa meningkat pada tiap siklus seperti kelas IV A 60%, 72%, 92% dari 25 siswa dan kelas IV B 48%, 70%, 93% dari 27 siswa.

Kata kunci: aktivitas siswa, metode pemberian tugas kelompok, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


AECT. 1986. Definisi Teknologi Pendidikan. Jakarta: PAU-UT dan CV Rajawali.

Ahmadi, Abu. 1995. Pendidikan Dari Masa Ke Masa. Bandung: Armico.

Anderson, John R. 1990. Cognitive Psychology and Its implicatio, 3rd.edition. New York: W. Hfreeman and Company.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Azhar.Arsyad. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rafindo Persada.

Baharudin. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar Ruzz Media Group.

Barlow, Daniel Lenux.1985. Educational Psychology;The Teaching Learning Proses. Cicago: The mooy bible Institute

Biggs, John B. 1992. The Role Of Metalaerning Study Process. British Journal of Educational Psychology.

Brunner, J. 1990. Acts of Meaning Cambridge: Harvard University Press.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Reneka Cipta.

Degeng, Nyoman, S. 2007. Paradigma Pendidikan dari Bahaviorisme ke Kontruktivisme. Bahan Presentasi Malang: Universitas Negeri

Depdiknas .2005. Peraturan Pemerintah RI No 19 Tahun 2005 Tentang Sistem Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Biro Hukum dan Organisasi Depdiknas.

Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Furdyartanto, Ki RBS. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Tingkah Laku. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gagne, E.D. 1985. The Cognitvive Psychologi Of School Learning. Bostom Toronto: Little, Brown and Company.

Hamalik, Oemar. 2007. Proes Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryati , Mimin. 2009. Model & Teknik Penilaian. Jakarta: Gaung Persada Press.

Iskandar. 2008.Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Tim GP Press.

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Nurhadi, Yasin, Burhan. 2004. Pembelajaran CTL. Malang: Universitas Negeri.

Rahman, Arief. 2009. Memahami Ilmu Pendidikan. Surabaya: LBM.

Reigeluth, M. Charles.1983. Intructional Design, Theories and Models. London: Lowrence ErlabauAssocities Publisher.

Riyanto. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kecana.

Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2009.Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo.

Sadiman ,Arief. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kecana.

Soedijarto. 1993. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali.

Sudjana, Nana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakraya.

Sukorini, Dewi. 2007. Pengelolaan Pusat Sumber Belajar pada Pusdiklat SDM Kesehatan. Departemen Kesehatan RI.

Suparman, M.& Aminudin Zuhri. 2001. Desain Instruksional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Warsita Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)




View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.