The Role of Parents in Improving the Social Emotional Development of Early Childhood: A Systematic Literature Review
Abstract
Abstract: The Role of Parents in Improving the Social Emotional Development of Early Childhood: A Systematic Literature Review. The socio-emotional development of early childhood has a long-term impact on an individual's ability to interact socially and maintain emotional balance in later life. This research aims to examine the significance of parental roles in enhancing the socio-emotional development of young children. The study employs the Systematic Literature Review (SLR) method, collecting data through literature searches in various journals via databases like Google Scholar. Twenty five articles were analyzed. The research findings indicate several actions that parents should take to optimize the socio-emotional development of young children, including serving as primary educators, caregivers, and role models. Additionally, parents need to provide encouragement and create learning opportunities within their environment. In conclusion, collaborative efforts between fathers and mothers are essential for the optimal socio-emotional development of children.
Keywords: early childhood, the role of parents, social-emotional development.
Abstrak: Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini: Tinjauan Sistematis. Perkembangan sosial emosional anak usia dini mempunyai pengaruh jangka panjang terhadap kemampuan individu dalam berinteraksi sosial dan keseimbangan emosi di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk melihat betapa pentingnya peran orang tua dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Data dikumpulkan melalui penelusuran literatur di berbagai jurnal melalui database seperti Google Scholar. Jumlah artikel yang dianalisis sebanyak 25 artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa tindakan yang perlu dilakukan orang tua untuk mengoptimalkan perkembangan sosial emosional anak usia dini, antara lain peran orang tua sebagai pendidik utama, pengasuh, dan teladan. Selain itu, orang tua perlu memberikan dorongan dan memberikan kesempatan belajar dari lingkungannya. Kesimpulannya, diperlukan kerjasama antara ayah dan ibu agar perkembangan sosial emosional anak dapat berkembang secara maksimal.
Kata kunci: anak usia dini, peran orang tua, perkembangan sosial emosional.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpp.v13.i3.202314
Full Text:
PDFReferences
Adrian, & Syaifuddin, M. I. (2017). Peran orang tua sebagai pendidik anak dalam keluarga. EDUGAMA, vol 3 No 2. https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/edu/article/view/727/144
Adrianindita, S. (2015). Upaya meningkatkan keterampilan sosial-emosional anak usia 2-3 tahun melalui metode bercerita di KB Siti Sulaechah 04 Semarang. BELIA, 4 (2), 32–37. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia
Asma Fadhilah, H., Siti Aisyah, D., & Karyawati, L. (2021). Dampak pola asuh permisif orang tua terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2). https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/view/1323/800
Assingkily, M. S., & Hardiyati, M. (2019). Analisis perkembangan sosial-emosional tercapai dan tidak tercapai siswa usia dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2), 19–31. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad
Aznam, N., Perdana, R., Jumadi, J., Nurcahyo, H., & Wiyatmo, Y. (2022). Motivation and satisfaction in online learning during COVID-19 pandemic: A systematic review. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(2), 753–762. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i2.21961
Fuadia, N. N. (2022). Wawasan: Perkembangan sosial emosi anak usia dini. Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, volume 3 Nomor 1. https://wawasan.bdkjakarta.id/index.php/wawasan/article/view/131/60
Hanita. (2017). Identifikasi perkembangan sosial dan emosi di sekolah berdasarkan pola asuh anak usia 4-6 tahun. JURNAL INDRIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah Dan Sekolah Awal, 2 (2), 26–40. http://journal.umpo.ac.id/index.php/indria/index
Hayati, F., & Mamat, N. (2014). Pengasuhan dan peran orang tua (parenting) serta pengaruhnya terhadap perkembangan sosial emosional anak di PAUD Banda Aceh, Indonesia. BUAH HATI, 1 no 1, 16–30. https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/523
Hijriati. (2019). FAKTOR DAN KONDISI YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI Hijriati. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/download/6392/3878
Islamiyah, C., & Susilo, H. (2019). Peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak usia dini. Jurnal Pendidikan Untuk Semua. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/index
Jamilah, S. (2019). Pengembangan sosial-emosional anak melalui metode role playing (bermain peran) di kelompok B anak usia dini. Jurnal Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, vol 1 no 1, 84–101. https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/article/download/282/191
Khairiah, D. (2018). Assesmen Perkembangan Sosio-emosional Anak usia Dini. Al Athfal, 1(1). https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/85/40
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, vol 3 no 1(1), 1–12. https://pdfs.semanticscholar.org
Khairunnisa, F., & Fidesrinur. (2021). Peran orang tua dalam mengembangkan perilaku berbagi dan menolong anak usia dini. Jurnal AUDHI, 4(1), 33–42. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI
Khusniyah, N. L. (2018). Peran orang tua sebagai pembentuk emosional sosial anak. Qawwam, volume 11 nomor 2. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/qawwam/article/view/782/842
Langi, F. M., & Talibandang, F. (2021). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan kepribadian anak. Journal of Psychology: Humanlight, 2(1), 48–68. https://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/humanlight/article/download/558/398/1071
Lia Sari, S., & Adi Kurniawan, N. (2021). Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, vol 4 no 2. https://doi.org/10.46963/mas
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan sosial emosional anak usia dini melalui bermain. GENERASI EMAS : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 47. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/3301/1766
Mitra, O., & Adelia, I. (2020). Profil orang tua sebagai pendidik menurut Al-Qur’an. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 170–177. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/download/759/413/3029
Mulyani, N. (2014). Upaya meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Raushan Fikr, 3(2). https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/raushanfikr/article/view/1013
Muzzamil, F., Fatimah, S., & Hasanah, R. (2021). Pengaruh lingkungan terhadap perkembangan sosial emosional anak. MURANGKALIH : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1–20. https://journal.unsika.ac.id/index.php/murangkalih/article/view/5811/3039
Nandwijiwa, V., & Aulia, P. (2020). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, volume 4 nomor 3. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/821/735/1630
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. BULETIN PSIKOLOGI, 23(2), 103–111. https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/10567/7946
Puspita Sari, P., Sumardi, & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157–170. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/27206
Rahayu Tresna Dewi, A., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, vol 04 no 1(1), 181–190. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2233
Rakhmawati, I. (2015). Peran keluarga dalam pengasuhan anak. KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, vol 6 no 1. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/konseling/article/viewFile/1037/949
Rohmalina, R., Lestari, R. H., & Alam, S. K. (2019). Analisis Keterlibatan Ayah dalam Mengembangkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 3(1). https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4809
Samsudin. (2019). Pentingnya peran orangtua dalam membentuk kepribadian anak. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 50–61. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/view/119/109
Sangidatul Umah, N., Suko Heriaji, P., & Regency, J. (2022). Pola asuh orang tua dalam perkembangan sosial emosional anak berusia 4-5 tahun pada masa pandemi Covid-19 di Desa Marga Mulya Kecamatan Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi (studi kasus media gadget). JMPIS: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 4(1), 255–269. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i1
Susanti, M., Rahmah, H., & Hikmaturuwaida, H. (2023). Peran Orang Tua dan Guru terhadap Perkembangan Emosional Anak di Madrasah Ibtidaiyyah. Jurnal Basicedu, 7(1), 562–571. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4602
Syafi, I., Noviatus Solichah, E., & Sunan Ampel Surabaya, U. (2021). Asessmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Ummul Quro Talun Kidul. Universitas Hamzanwadi, 5(02). https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3106
Widianto, E. (2015). Peran orangtau dalam meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, volume 2 nomor 1, 1–75. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/1817
Wijayanto, A. (2020). Peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak usia dini. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, vol 4 no 1, 55. https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus
Wijirahayu, A., Krisnatuti, D., & Muflikhati, I. (2016). Kelekatan ibu-anak, pertumbuhan anak, dan perkembangan sosial emosi anak usia prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, vol 9 no 3, 171–182. https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jikk/article/view/15182/11122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Progresif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.