The Effect of Post-Pandemic Transformational Leadership towards Learning Loss

Riswanti Rini, Riswandi Riswandi, Amrina Izzatika, Ika Wulandari Utami Ningtyas, Alif Luthvi Azizah, Handoko Handoko

Abstract


Abstract: The Effect of Post-Pandemic Transformational Leadership towards Learning Loss. Objectives: The research aimed to determine the effect of principals transformational leadership to solve learning loss problem. Methods: The population in this study was junior high school teachers in Bandar Lampung. This research used cluster random sampling with a total sample of 226 teachers. The data collection technique used a survey questionnaire with 5-points Lickert scale. The data were analyzed by Pearson correlation coefficient. Findings: The results showed that each variable of transformational leadership could solve the learning loss problems with positive effects by 9,7 percent, while 90.3 percent was influenced by other unexamined variables. Conclusion: There was a positive effect of principals transformational leadership to solve learning loss problem.

Keywords: principal’s transformational leadership, learning loss.

Abstrak: Kepemimpinan Transformasional Pascapandemi Terhadap Learning Loss. Tujuan: Masalah dalam penelitian ini adalah permasalahan learning loss. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap penyelesaian learning loss. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri di Bandar Lampung tahun 1997. Penelitian ini menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 226 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan menggunakan skala likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan koefisien korelasi Pearson. Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap variabel kepemimpinan transformasional dapat menyelesaikan permasalahan learning loss dengan pengaruh yang positif. Besar pengaruh Kepemimpinan terhadap penanganan learning loss sebesar 9,7 persen, sedangkan 90,3 persen dipengaruhi oleh variable lainnya yang tidak diteliti. Kesimpulan: Terdapat pengaruh yang positif kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap penyelesaian masalah learning loss.

Kata kunci: kepemimpinan transformasional kepala sekolah, mutu pendidikan, learning loss.


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpp.v13.i2.202331


Full Text:

PDF

References


Addin, F.H., M. Taufik Bintang Kejora, & Abdul Kosim. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Ghoyatul Jihad Kabupaten Karawang. Jurnal Idaarah. 4(2), 153-166.

Afkar, Rythia & Noah Yarrow. (2021). Rewrite the future: How Indonesia’s education system can overcome the losses from the COVID-19 pandemic and raise learning outcomes for all. The World Bank : 8.

Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 1(1), 496.

Fadhila, M.L.Z., Suryadi, & Abubakar. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Etos Kerja Guru dan Staf. Jurnal Manajemen Pendidikan. 2(2), 206 – 224.

Faruq, Muhammad Hamzah Al., & Supriyanto. 2020. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan. 5(1): 68-76.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22 (1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Huong, L.T., Na-Jatturas, T., Coronavirus, 2020 |, & Learning | 0. (2020, mayo 18). The COVID-19 induced learning loss – What is it and how it can be mitigated? The Education and Development Forum. https://www.ukfiet.org/2020/the-covid-19-induced-learning-loss-what-is-it-and-how-it-can-be-mitigated/

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2021. Data Penyelenggaraan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 [Presentasi PowerPoint]. Diakses dari https://spab.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/08/210804-Data-Pembelajaran-di-Masa-Covid-19_ok.pdf

Machali, Imam, & Ara Hidayat. 2016. The Handbook of Education Management Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Kencana. Jakarta.

Maris, I. S., Aan K., & Abubakar. 2016. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Guru dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan. 23(2): 173-188.

Mudatsir., Arismunandar., & Ansar. 2021. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Educational Journal of Islamic

Management. 1(1): 55-65.

Ramadhani, S. N., & Kardoyo. 2019. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Biaya Pendidikan, Komite Sekolah, Perilaku Organisasi terhadap Mutu Lulusan Melalui Mutu Proses. Economic Education Analysis Journal. 8(2): 713-730.

Rafsanjani, Mohamad., & Darmayanti, Astuti. 2022. Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(4): 5862.

Suharsaputra, U. 2016. Kepemimpinan Inovasi Pendidikan. Refika Aditama. Bandung.

Taufik, Muhamad. 2019. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Wahana Karya Ilmiah. 3(2): 465-479.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Progresif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.