DESAIN KURIKULUM DAN SILABUS BAHASA INGGRIS UNTUK RSNBI DI PROVINSI LAMPUNG
Abstract
Penelitian ini mengkaji komponen-komponen penting tentang RSNBI yang mencerminkan pelaksanaan program pemerintah. Penelitian ini difokuskan pada kajian desain kurikulum dan silabus Bahasa Inggris di tingkat SMP di Provinsi Lampung. Penelitian ini bersilat kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang diterapkan di RSNBI Lampung masih perlu dikembangkan. Secara umum, kurikulum tersebut masih sulit untuk diterapkan karena faktor sumber daya manusianya belum siap. Mayoritas guru (75%) masih sangat lemah dalam penguasaan Bahasa Inggris yang merupakan bahasa pengantarnya. Hanya satu dari empat orang guru yang memiliki nilai TOEIC yang tinggi. Direkomendasikan bahwa pemerintah hendaknya mengembangkan kualitas SDM-nya, terutama dalam penguasaan Bahasa Inggris para guru.
Kata kunci : pengembangan kurikulum, konsep RSNBI, fungsi bahasa, dan pemerolehan bahasa kedua.
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas, 2007. Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP SBL. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP
Depdiknas. 2007. Standar (Standar kompetensi dan kompetensi dasar) SMP-SBT Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP
Depdiknas. 2007. Panduan pembelajaran SMP-SBI. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP
Depdiknas. 2007. Panduan penilaian SMP-SBI. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP
Suparman, U. 2009. The main idea: English Teachers' Judgment. (An extensive study on English teachers' comprehension competences in Lampung Province). Bandar Lampung: Lampung University
Suparman, U. 2001. Factors influencing reading comprehension of English as a foreign language in Indonesia: A protocol analysis. (Ph.D. dissertation). Melbourne Australia: La Trobe University
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Progresif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.