MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ARGENTOMETRI MAHASISWA FKIP UNILA

Ratu Betta Rudibyani

Abstract


The quasi-experiment research about the problem-solving models aimed to know in increased understandingArgentometric students. The research was conducted at FKIP Unila by using non-equivalent control group design. The sample of this research was students of students P.S. P. Chemistry of FKIP Unila for 2011/2012 academic year. The result of this research showed that the average n-Gain in the A class was 0.33 and in the B class was 0.45. Therefore, it was concluded that learning withproblem-solving model in increasing understanding students Argentometry.

Keywords: Understanding on Argentometric, Problem Solving Model

Penelitian kuasi eksperimen tentang model pembelajaran problem solving ini, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Argentometri mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di FKIP Unila dengan menggunakan desain Non-Equivalent Control Group. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa P. S. Pendidikan Kimia, FKIP Unila, tahun akademik 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kelas A sebesar 0,55 dan kelas B sebesar 0,30. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model problem solving dapat meningkatkan pemahaman Argentometri mahasiswa.

Kata kunci: pemahaman argentometri, model problem solving

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Jakarta: Bina Aksara.

Chang Raymond. 2005. Kimia Dasar Jilid 2 Edisi ketiga. Jakarta: Erlangga

Creswell, John W. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hake, R. 2002. Analyzing Change/Gain 2002. Relationship of individual Student Normalized Learning Gains in Mathematics with Gender, High School, Physics, and Pre Test Scores in Mathematics and Spatial Visualization. [Online]. Tersedia:http:/www.physics.indiana.edu/hake, [5 Januari 2011]

Hanafiah, N. dan Suhana, C. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hasanah, Setyaningrum. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Kompetensi Panduan Merancang Pembelajaran Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Lidiawati. 2011. Efektivitas Penerapan Model Problem Solving Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan dan Penguasaan Konsep Koloid pada Kelas XI IPA SMAN 1 Abung Semuli TP 2010-2011. Skripsi. Tidak diterbitkan.

Mergendoller, J. R. and Maxwell, N. L. 2006. The Effectiveness of Problem Based Instruction: A Comparative Study Of Instructional Methods and Student Characteristics. The Inter-discriplinary Journal Of Problem Based Learning, 1(2): 1-69.

Nasution, S. 2006. Berbagai Pendekatan dalam proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Putra, G. A. 2011. Meningkatkan Aktivitas Belajar, Kompetensi Kerja Ilmiah, dan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Model Problem Solving Pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Volume 1. Diakses tanggal 23 Maret 2012 dari http://www.ziddu.com/download/18872748/ArtikelPenerapan ModelProblemSolving.pdf.html.

Saputra, A. 2014. Model Pembelajaran Problem Solving pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi, (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: FKIP Unila


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Progresif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.